Hari Ini KPU Kudus Lakukan Uji Publik DPS

MuriaNewsCom, Kudus – KPU Kudus melakukan uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) 2018. Hal itu guna memeroleh tanggapan masyarakat, untuk menjaring pemilih yang dimungkinkan masih tercecer. ‎

Syafiq Ainurridho Komisioner KPU Kudus Divisi Data dan Perencanaan mengatakan, uji publik merupakan inovasi KPU RI untuk memancing respon dari warga. Dirinya menyebut, tahapan tersebut akan dilaksanakan dalam satu hari.

“Pelaksanaannya hari ini pada tanggal 27 Maret. Uji Publik ini merupakan bagian dari rangkaian pengumuman dan tangapan masyarakat terhadap DPS. Nantinya masyarakat yang belum terdaftar atau mereka yang meninggal tapi masih terdaftar bisa melaporkan hal tersebut,” ujarnya, dihubungi MuriaNewsCom.

Ia mencontohkan, uji publik di salah satu TPS yang ada di Desa Menawan ada warga yang melaporkan bahwa salah satu anggota keluarganya tak terdaftar. Kemudian, petugas pemungutan suara langsung mendaftarkannya dalam Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP).

“Tentu saja, hal itu bisa memengaruhi DPS yang sebelumnya sudah ditetapkan,” urainya.

Adapun, DPS pilkada 2018 di Kudus sebesar 618.009 orang. Sedangkan, pemilih potensial non elektronik jumlahnya ada 8.998 orang.

Selain uji publik manual Syafiq mengatakan, KPU RI sudah menyediakan laman khusus bagi warga yang hendak mengecek partisipasinya. Masyarakat bisa mengakses laman infopemilu.kpu.go.id, calon pemilih dapat memasukan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Jika sudah terdaftar maka datanya ada dalam laman tersebut. Jika belum bisa menghubungi PPS terdekat, untuk dimasukan datanya,” terangnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *