KSPSI Jateng: Pekerja Ahli Luar Daerah “Serbu” Industri Padat Karya Jepara

MuriaNewsCom, Jepara – Di tengah tumbuhnya industri padat karya di Jepara, urusan keahlian sumberdaya manusia mengundang persoalan. Lantaran saat ini banyak pekerja dari luar provinsi Jawa Tengah yang “menyerbu” Bumi Kartini.

“Sekarang ini di Jepara pekerja (dengan keahlian tertentu) banyak yang berasal dari luar provinsi (Jateng). Tentunya hal ini memerlukan perhatian dari pemerintah Jepara,” tutur Gideon Suhartoyo, Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jateng, baru-baru ini di Jepara.

Menurutnya, serbuan tenaga ahli yang berasal dari luar provinsi karena Jepara belum mampu memenuhi pekerja sektor tersebut. Sehingga, industri kemudian menyerap pekerja berkemampuan khusus dari daerah lain.

Ia mengatakan, permasalahan itu dapat diselesaikan dengan membuka balai latihan kerja (BLK), sesuai dengan kebutuhan industri. Dengan solusi itu, diharapkan pemenuhan tenaga ahli dapat dipenuhi dari dalam kabupaten Jepara.

“Pendidikan dan pelatihan bagi buruh harus terus didorong. Bila tidak, nantinya pasti akan ada migrasi pekerja berkemampuan khusus dari daerah lain,” tambahnya.

Dirinya juga menuntut pekerja tak hanya lihai menuntut upah naik. Sementara produktifitas dan keahlian pekerja tidak kunjung bertambah.

“Pekerja juga harus meningkatkan kualitas diri mereka, tak hanya tuntut gaju naik. Caranya ya ikut pelatihan-pelatihan,” tegasnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *