Dampak Hujan Deras Semalaman, 3 Desa di Kecamatan Godong Grobogan Siaga Banjir

MuriaNewsCom, GroboganMusibah banjir saat ini mengancam sebagian wilayah Kecamatan Godong. Kondisi ini terjadi akibat dampak hujan deras hampir semalaman yang merata di seluruh wilayah Grobogan pada Jumat (9/3/2018) malam.

Akibat hujan deras, debit air sungai Jajar yang berhulu di kawasan Pegunungan Kendeng Selatan langsung naik siginifikan. Kondisi sungai yang mulai mendangkal akibat sedimentasi mengakibatkan daya tampungnya tidak bisa maksimal.

Hal ini menyebabkan sebagian air meluap ke kawasan yang letaknya rendah, terutama di areal persawahan. Dampak luapan sungai Jajar mulai terlihat sejak Subuh.

Camat Godong Bambang Haryono menyatakan, jika kawasan atas turun hujan deras cukup lama, maka wilayahnya memang akan terkena dampak luapan air sungai Jajar.

Dari laporan sementara, sedikitnya ada tiga desa yang mulai terancam banjir. Yakni, Desa Werdoyo, Guyangan, dan Guci.

Menurutnya, luapan sungai Jajar, sebagian besar masih berdampak pada areal persawahan. Saat ini, kondisi sawah terdapat tanaman padi yang baru berumur sekitar 10 hari.

“Sawah yang tergenang mencapai puluhan hektar. Sebagian sudah ada tanaman padi dan lainnya baru persiapan tanam,” katanya, Sabtu (10/3/2018).

Bambang menambahkan, beberapa rumah warga dilaporkan sudah kemasukan air. Namun, jumlah rumah terendam belum bisa dipastikan karena pendataan masih dilakukan.

“Kondisi ini sudah kita laporkan pada bupati serta dinas terkait. Kita harapkan tidak turun hujan hari ini, sehingga air bisa surut,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *