Pemuda dari Blora Ini Nekat Congkel Kotak Amal Musala di Sragen

MuriaNewsCom, Sragen – Seorang pemuda asal Randublatung, Blora, Aldika Gani (24) nekat mencongkel kotak amal musala dan menggasak isinya. Namun aksinya bisa terlacak, dan kini mendekam di sel tahanan setelah digerebek polisi.

Aldika diketahui mencuri kotak amal di Musala Al Ikrom, Dukuh Sentulan, Desa Kalimacan, Kecamatan Kalijambe, Sragen. Ia mencuri uang dalam kotak amal itu sebesar Rp 194 ribu.

Kapolres Sragen AKBP Arif Budiman menyatakan, penangkapan pelaku berawal dari kecurigaan warga terhadap gerak-gerik pelaku. Pasalnya, beberapa jam usai menggasak uang dalam kotak amal, pelaku kembali datang ke musala itu.

“Ada jemaah yang curiga saat pelaku berseliweran. Setelah dilaporkan ke polisi, dilakukan penyelidikan diketahui memang dia pelakunya,” katanya, Senin (5/3/2018).

Ia menyatakan, pelaku diamankan di Dukuh Karangasem Desa Banaran Kecamatan Kalijambe Sragen. Dari tangannya, petugas kemudian menyita uang sebesar Rp 194 ribu rupiah. Pelaku juga mengakui jika uang tersebut hasil dari pencurian kotak amal di Musala Al Ikhrom.

Modus yang digunakan pelaku yakni berpura-pura beribadah di musala itu. Setelah mengamati sekitar dan dirasa aman, pelaku lantas melancarkan aksinya dengan membobol paksa kotak amal itu. Aksi itu dilakukan skeitar pukul 15.00 WIB.

Usai menjalankan aksinya, pelaku langsung pergi. Namun beberapa jam kemudian ia kembali ke lokasi itu, dan menimbulkan kecurigaan warga.

Warga yang curiga lantas memeriksa kondisi musala dan didapati kotak amal sudah terbuka dengan kondisi dicongkel. Kasus ini pun langsung dilaporkan ke polisi.

Kapolres menjelaskan, pelaku saat ini telah diamankan di Mapolsek Kalijambe. Ia dijerat dengan pasal 364 KUHP tentang pencurian.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *