Salut! Tiap Tiga Bulan, Puluhan Warga Desa Tahunan Grobogan Rutin Donorkan Darah

MuriaNewsCom, Grobogan – Warga Desa Tahunan, Kecamatan Gabus, Grobogan ternyata punya satu kegiatan positif yang sudah dilakukan sejak lama. Yakni, mengikuti acara donor darah secara rutin setiap tiga bulan sekali.

Setiap pelaksanaan donor darah ini selalu diikuti puluhan orang. Mereka yang sukarela menyumbangkan darah untuk kemanusiaan itu berasal dari berbagai kalangan.

”Setiap kegiatan donor, sedikitnya ada 50 warga yang diambil darahnya. Kalau jadwalnya pas bertepatan hari libur, peserta donor bisa mencapai 100 orang. Pelaksanaan donor ditempatkan di balaidesa,” kata Kades Tahunan Yuslan, Sabtu (3/2/2018).

Menurutnya, pelaksanaan donor bekerja sama dengan PMI Grobogan itu sudah dilangsungkan lebih 10 tahun. Saat itu, Yuslan yang belum menjabat jadi Kades, termasuk salah satu pencetus ide donor darah tersebut.

”Awal mulai donor disini, saya agak lupa tahunnya. Yang pasti lebih dari 10 tahun. Itu mulai sebelum saya jadi Kades. Sampai saat ini, warga yang tercatat sebagai pendonor tetap ada ratusan orang,” katanya.

Warga Desa Tahunan, Kecamatan Gabus saat mengikuti acara donor darah secara rutin setiap tiga bulan sekali di balaidesa setempat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Ide menyelenggarakan donor darah itu muncul saat ada sosialisasi di desanya tentang pentingnya donor darah. Yakni, tidak hanya membantu orang lain saja yang membutuhkan tambahan darah tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor.

”Dari situ, saya dan berbagai komponen masyarakat kemudian mencoba memunculkan program donor darah. Responnya ternyata sangat positif. Kemudian, kita adakan kerjasama resmi dengan PMI agar diadakan donor rutin disini sampai sekarang. Saya saja sudah lebih 30 kali ikut donor,” cetusnya.

Sementara itu, Staf Penanggulangan Bencana, Yansoskemas dan Pelayanan PMI Grobogan Gesit Kristyawan menyatakan, sejauh ini, pihaknya sudah mengadakan kerjasama donor darah di 15 desa. Yakni, di Desa Tahunan dan Keyongan, Kecamatan Gabus.

Kemudian di Kecamatan Purwodadi dilangsungkan di Desa Candisari, Cingkrong, Genuksuran, Putat, Ngembak, dan Pulorejo. Selanjutnya, di Desa Kalimaro dan

Ngombak (Kedungjati), Desa Menawan (Klambu), Desa Tarub (Tawangharjo), Desa Bandungharjo (Toroh), Desa Jambon dan Pojok (Pulokulon).

”Sudah ada 15 desa yang bekerja sama dengan PMI dalam program donor darah. Untuk Desa Tahunan di Kecamatan Gabus memang paling duluan melakukan program ini,” katanya.

Menurut Gesit, selain dengan desa, selama ini pihaknya juga pro aktif untuk menjaring para penodor. Antara lain, dengan menggandeng sekolah, instansi pemerintahan dan swasta serta ormas. Kemudian, setiap hari Minggu, pihaknya menyediakan layanan donor darah keliling di ajang car free day (CFD) di Jl R Suprapto Purwodadi.

Ditambahkan, berbagai upaya itu dilakukan mengingat kebutuhan darah setiap bulan memang cukup banyak. Yakni, berkisar 1.000 hingga 1.200 kantong. (NAO)

Editor: Supriyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *