Bawaslu Ajak Panwas Kudus Tak Kendor Awasi Pilkada 

MuriaNewsCom, Kudus – Ketua Bawaslu Jateng Fajar Saka sambangi Kantor Panwaskab Kudus, Minggu (21/1/2018). Kehadirannya untuk memastikan kinerja pengawas di Kota Kretek tak kendor menghadapi dua ajang pemilukada (pilgub dan pilbup).

“Kudus itu istimewa, karena hendak menghadapi kegiatan besar yakni pilbup dan pilgub Jateng. Belum lagi tahapan di dalamnya yang meliputi coklit, verifikasi faktual menyusul putusan MK. Oleh karenanya kami mengecek persiapan panwas Kudus agar seluruh kegiatan pengawasan berlangsung dengan baik,” ujar Fajar.

Ia meminta agar petugas di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa saling berkoordinasi, agar menciptakan alur kerja yang kompak. Selain itu, kecermatan dalam melakukan pengawasan pada proses coklit mutlak dilakukan.

Terkait temuan dugaan pelanggaran selama tahapan jelang pilgub maupun pilbup, Fajar mengaku sudah mendapatkan laporan dari Panwaskab Kudus. Untuk mengatasinya, pihaknya menyarankan agar dilakukan perbaikan.

“Pelanggaran yang dilaporkan di antaranya adalah terkait perekrutan PPS atau PPK sarannya adalah diganti. Untuk tahapan coklit, pengawas juga harus mengawasi kinerja PPDP agar maksimal, bila tidak efisien harus ada upaya untuk mengatur agar kunjungan dari rumah ke rumah dapat diefektifkan, karena tahapan ini terbatas waktu hingga 30 hari ke depan,” tuturnya.

Terakhir, ia berpesan kepada pemilih agar mau menjadi pengawas bagi dirinya sendiri. Hal itu dikatakannya agar dalam pelaksanaan pilkada, warga sebagai pemilih ikut berperan aktif dalam mengawal suara yang disalurkan.

“Paling tidak masyarakat menjadi pengawas bagi suara (pilihan) pribadi yang telah mereka salurkan,” tutup Fajar.

Editor : Ali Muntoha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *