Ini Jumlah Rumah yang Disasar KPU Kudus saat Coklit Daftar Pemilih

MuriaNewsCom, Kudus – Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih di Pilgub Jateng dan Pilbup 2018 di Kudus akan sasar setidaknya 7.455 rumah. Jumlah itu merupakan jumlah ideal yang sebelumnya sudah terdaftar di data pemilih.

Ketua KPU Kudus M. Khanafi mengungkapkan, pada kegiatan yang berlangsung dari 20 Januari-18 Februari 2018 itu, akan menerjunkan total petugas 1.937. Jumlah itu merupakan gabungan dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dibantu oleh Komisioner KPU, PPS dan PPL.

“Dari jumlah PPDP 1.491 (sesuai TPS) minimal setiap petugas minimal mendatangi lima rumah, sehingga jumlahnya sekitar 7.455 rumah,” urainya.

Baca: Coklit Data Pemilih, Komisioner KPU Kudus Ikut Ketok Pintu

Dengan jumlah tersebut, setidaknya warga yang dapat disurvei adalah 29.820 orang, dengan asumsi per rumah ditinggali empat orang. Terkait teknis pelaksanaan coklit, dirinya menyebut warga yang sudah memiliki hak pilih (berusia 17 tahun) diharapkan menyiapkan KTP dan KK.

“Nanti teman-teman PPDP akan mengecek KTP Elektronik, KK, beserta alamat dan status pernikahannya yang terakhir. Selain itu status pekerjaannya, apakah ia menjadi PNS, TNI atau pindah keluar daerah,” jelasnya.

Dirinya menyebut, tahapan Coklit akan memengaruhi Data Pemilih Tetap (DPT) untuk tahap Pilgub Jateng dan Pilbup Kudus. Untuk DPT Kudus pada Pilpres 2014 adalah 604.305.

“Perkiraan kami ada tambahan pemilih usia pemula (17-20 tahun) sekitar 40 ribu orang. Data pemilih sangat vital berpengaruh terhadap persiapan penentuan logistik pemilu yakni surat suara. Selain itu data itu dapat digunakan oleh bakal calon pasangan untuk mengetahui jumlah pemilih di Kudus. Maka dari itu, tahapan Coklit akan dilakukan secara akurat, faktual dengan update data terbaru dan bisa dipertanggungjawabkan,” terang Khanafi.

Editor: Supriyadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *