Anggota DPD RI Ini Kepincut Koleksi Fosil di Banjarejo Grobogan

MuriaNewsCom, Grobogan – Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Bambang Sadono mengaku terpukau terhadap banyaknya penemuan aneka benda cagar budaya dan purbakala di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan.

Hal itu disampaikan Bambang saat melihat langsung koleksi benda bersejarah yang tersimpan di rumah Kades Banjarejo, Ahmad Taufik, Sabtu (6/1/2018).

“Koleksi benda bersejarah di sini luar biasa sekali. Saya salut dengan upaya Pak Kades untuk melestarikan dan merawat temuan yang tidak ternilai harganya ini,” kata Bambang.

Menurutnya, dengan adanya temuan benda bersejarah yang sudah dikumpulkan jadi satu tersebut membawa dampak positif. Yakni, bisa jadi lokasi wisata sekaligus obyek penelitian ilmiah.

Kebetulan, Desa Banjarejo lokasinya tidak jauh dari obyek wisata Bledug Kuwu. Dengan demikian, para pengunjung Bledug Kuwu bisa meluangkan waktunya untuk melihat potensi purbakala di Banjarejo.

“Melihat banyaknya koleksi yang ada, sudah waktunya ada museum khusus di Banjarejo. Semoga keberadaan museum bisa segera terwujud,” jelasnya.

Dalam kunjungan itu, Kades Ahmad Taufik langsung bertindak jadi pemandu. Taufik menerangkan secara rinci tentang koleksi yang ada di rumahnya.

Baik, koleksi benda purbakala maupun cagar budaya yang ditemukan di Desa Banjarejo. Saat ini, koleksi benda peninggalan masa lalu itu lebih dari 500 unit.

Di antara koleksi, ada beberapa yang dinilai paling istimewa. Yakni, fosil kepala kerbau raksasa yang dipajang pada dinding ruang tamu.

Fosil langka ini usianya sekitar 1 juta tahun dan ukurannya memang sangat besar. Di mana, panjang antar ujung tanduk mencapai 170 cm. Kemudian tinggi tulang bagian kepala mencapai 60 cm dengan lebar 25 cm. Sedangkan panjang tiap tanduk sekitar 115 cm.

“Ini baru fosil kepalanya saja segini gede. Barangkali semasa hidupnya dulu, kerbau ini besarnya seukuran truk,” kata Taufik.

Editor : Ali Muntoha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *