Tak Lolos Verifikasi, Harjuna Masih Diberi Kesempatan Nyalon Bupati Kudus, Ini Syaratnya

MuriaNewsCom, Kudus – Pasangan Bakal Calon Bupati – Wakil Bupati Kudus, Noor Hartoyo-Junaidi (Harjuna) dinyatakan tak lolos verifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kudus. Kendati demikian, Harjuna masih diberikan kesempatan untuk maju sebagai calon dalam Pemilu 2018 mendatang.

Ketua KPU Kudus Moh Khanafi mengatakan, dari hasil verifikasi yang dilakukan, dukungan untuk Harjuna hanya 40.995 lembar e-KTP. Padahal, syarat minimal yang harus dimiliki berjumlah 45.323 lembar e-KTP. Artinya, pasangan Harjuna masih kurang 4.328 lembar e-KTP.

“Meski demikian masih bisa maju dalam Pilbup Kudus. Itu diperbolehkan asalkan syaratnya mampu terpenuhi,” katanya kepada MuriaNewsCom usai Rapat Pleno Rekapitulasi Dukungan Paslon Perseorangan di KPU Kudus.

KPU Kudus menggelar rapat pleno terbuka hasil verifikasi calon independen di Pilkada Kudus, Sabtu (30/12/2017).
(MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

Khanafi menyebutkan, dalam tahapan pendaftaran setiap pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kudus independen harus mendaftar ke KPU Kudus. Pendaftaran akan dilakukan pada 8-10 Januari mendatang.

Setelah itu, bagi calon independen yang kekurangan e-KTP, harus melengkapi kekurangan dukungan minimal dua kali lipat. Kekurangan dukungan dapat dipenuhi pada 18-20 Januari 2018 dengan membawa berita acara yang diberikan KPU hari ini.

“Dari hasil kegiatan tadi, semuanya sudah menerimanya. Termasuk pasangan dari Harjuna. Karena mereka kurang 4.328 lembar e-KTP, maka mereka harus mengumpulkan dua kali lipat hingga waktu yang ditentukan,” ungkapnya.

Sementara, untuk satu pasang calon independen lainya yaitu Akhwa – Hadi Sucipto (Akhi), sudah memenuhi batas minimal pendaftaran. Dari hasil verifikasi faktual, mereka memperoleh dukungan 64.417 lembar e-KTP. Karenanya, mereka bisa melakukan pendaftaran tanpa menambah KTP.

Editor: Supriyadi