Narapidana Asal Blora Meninggal di Lapas Pati dalam Keadaan Sujud

Petugas medis saat memeriksa kondisi narapidana di Lapas Pati setelah meninggal dunia secara mendadak dalam keadaan sujud. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Seorang narapidana asal Blora, Siswadi (63) meninggal dunia di ruang blok B Nomor 7 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pati, Sabtu (30/12/2017).

Khumawdi, salah satu saksi mengatakan, saat itu dia hendak mengambil air wudhu untuk salat tahajud. Namun, di kamar mandi masih ada korban.

“Sehabis wudhu, saya lihat Pak Sis lagi memegang perut dalam kondisi sujud. Saya sempat dengar suara rintihan kesakitan,” tutur dia.

Saat mencoba menolong dan menyapanya, Siswadi tidak menjawabnya. Setelah dibalik, ternyata sudah tidak bernapas.

dr Yupin Ardiani, petugas medis dari Puskesmas Pati memastikan bila kematian korban disebabkan sakit. Sebab, tidak ada tanda-tanda penganiayaan dalam tubuh korban.

Siswadi sendiri merupakan tahanan pindahan dari Lapas Blora. Dia dipidana hukuman 10 tahun penjara, setelah terbukti melakukan pembunuhan.

Rencananya, Siswadi akan menghirup udara bebas pada 28 Agustus 2022. Namun, dia terlebih dulu meninggal dunia setelah mengalami sakit.

Selama di Lapas, dia dikenal sebagai tahanan yang baik. Dia mendekam di balik jeruji besi bersama lima narapidana lainnya.

Editor: Supriyadi