Hebat, Replika Kapal Phinisi Buatan Warga Jepara Jadi Buruan Warga Mancanegara

MuriaNewsCom, Jepara – Meskipun lahir dari bengkel sederhana, replika kapal Phinisi buatan warga Jepara ini, ternyata kerapkali dipesan oleh warga mancanegara. Apalagi, sang pembuat sangat memperhatikan bagian-bagian terkecil kapal. Akibatnya banyak yang ketagihan dan memburu kapal meski harganya cukup tinggi.

Adalah Eko Wiyoto (35) dan anak buahnya, yang membuatnya. Saat MuriaNewsCom bertandang Sabtu (30/12/2017) siang, ia mengaku sedang membuat replika kapal pesanan pengusaha Cina.

“Ini pesanan dari Korea, orangnya datang ke sini untuk memesan langsung. Katanya mau dibawa ke negaranya sana,” ujarnya.

Saat itu ia sedang menyelesaikan kapal Phinisi dengan panjang 3,5 meter dan tinggi 2,4 meter. Ia menyebut, untuk membuat kapal dengan dimensi itu membutuhkan waktu sekitar satu bulan.

Ditanya mengenai proses kreatif, Eko mengaku awal mula membuat kapal berawal dari suatu keterpaksaan. Saat itu, pada tahun 2006 ia hanya seorang buruh ukir dengan penghasilan Rp 30 ribu perhari.

“Saya rasa waktu itu dengan penghasilan itu rasanya tidak cukup, apalagi saat itu saya sudah nikah. Maka saya coba-coba membuat miniatur kapal. Awalnya sebagai sambilan, tetapi akhirnya jadi pekerjaan utama,” kenangnya.

Meskipun bergelut di dunia perkayuan, namun ia mengaku awalnya tak tahu akan pengetahuan membuat replika kapal. Sedikit nekat, ia lantas browsing ke internet, kemudian menemukan gambar-gambar tentang kapal, yang kemudian dicobanya untuk merealisasinya ke media kayu.

Selain kapal, ia mengaku membuat kerajinan lain seperti motor Harley Davidson atau mobil-mobilan mini.

“Ya awalnya coba-coba, kini sudah jadi yang utama. Bersama saudara-saudara saya, kini mengerjakan replika kapal. Untuk ukuran 3,5 meter harganya mencapai Rp 10 juta. Biasanya untuk dipajang di kafe-kafe,” tutup Eko.

Editor: Supriyadi