Ratusan Pebulutangkis se-Eks Karesidenan Semarang Berebut Juara di Grobogan

Para atlet bulutangkis menunjukkan permainannya saat bertanding. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganRatusan pebulutangkis dari wilayah Eks Karesidenan Semarang ambil bagian dalam kejuaraan bulutangkis yang dilangsungkan di GOR Simpanglima Purwodadi mulai hari ini, Senin (25/12/2017). Kejuaraan ini rencananya akan dilangsungkan empat hari hingga Kamis mendatang.

Ketua Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Grobogan Sumarli menyatakan, jumlah peserta keseluruhan ada 375 orang yang datang dari enam kabupaten/kota di eks Karesidenan Semarang. Yakni, Kota Semarang, Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, Demak, Semarang, dan Grobogan.

“Peserta kejuaraan berasal dari 36 klub dari eks Karesidenan Semarang. Jumlah keseluruhan 375 atlit,” jelasnya.

Dalam kejuaraan itu, ada 20 kelas yang dipertandingan. Yakni, mulai pradini usia 8 tahun hingga veteran usia 40 tahun. Jumlah pertandingannya ada sekitar 200 partai.

Marli menyatakan, kejuaraan itu adalah even rutin tahunan. Penyelenggaraannya dilangsungkan bergantian. Untuk tahun ini, giliran Kabupaten Grobogan yang jadi tuan rumah.

Tujuan utama kejuaraan bukan sekedar mencari titel juara. Upaya untuk pembinaan, pengenalan dan pemassalan bulutangkis lebih dikedepankan dalam penyelenggaraan kejuaraan itu.

“Jadi, kejuaraan seperti ini lebih fokus untuk menambah jam terbang dan pengalaman,” cetusnya.

Ia menambahkan, dari kejuaraan seperti itu sudah terlihat dampak positifnya, terutama untuk pebulutangkis Grobogan. Indikasinya, dalam Pra Porprov Jateng beberapa hari lalu di Salatiga, kontingen Grobogan bisa jadi juara umum.

“Dari Pra Porprov kemarin kita meloloskan 7 atlit dalam 5 kategori ke ajang Porprov 2018 mendatang. Yakni, dari single putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Editor: Supriyadi