Api Pawon Hanguskan Rumah Pembuat Kerupuk Karak di Pakis Grobogan

Warga bergotong royong memadamkan api yang membakar rumah pembuat krupuk di Desa Pakis, Grobogan, semalam. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Suasana Dusun Ngrao Selatan, Desa Pakis, Kecamatan Kradenan, Grobogan, yang biasa tenang mendadak jadi gempar, Kamis (23/11/2017) malam. Hal ini terjadi menyusul adanya peristiwa kebakaran yang menimpa salah satu rumah warga sekitar pukul 21.00 WIB.

Rumah yang terbakar diketahui milik Sono (60), warga RT 01, RW 04. Informasi yang didapat menyebutkan, sebelum kejadian, pemilik rumah sedang sibuk menggoreng kerupuk karak.

Aktivitas penggorengan biasa dilakukan menggunakan pawon (tungku tradisional) dengan bahan bakar kayu dan ranting kering.

Saat sibuk menggoreng kerupuk, pemilik rumah tidak menyadari jika nyala api menjalar pada tumpukan kayu kering yang ada di dekat pawon. Api yang membakar tumpukan kayu kering akhirnya menjalar hingga dinding rumah hingga menimbulkan kobaran api cukup besar.

Melihat kondisi itu, pemilik rumah sudah berupaya menyiram api dengan air. Namun, api yang sudah terlanjur membesar itu gagal dipadamkan. Selanjutnya, pemilik rumah berteriak minta pertolongan warga.

Tidak lama kemudian, puluhan warga sudah tiba di lokasi dan segera melakukan upaya pemadaman. Setelah berupaya sekitar 30 menit, kebakaran itu akhirnya berhasil dipadamkam.

Kades Pakis Priyono menyatakan, dalam peristiwa itu hanya rumah bagian belakang saja yang mengalami kerusakan. Sementara rumah bagian depan masih aman, karena warga berhasil memadamkan api dengan cepat.

“Pemilik rumah memang usahanya bikin kerupuk karak. Di dekat pawon tadi memang ada banyak tumpukan kayu kering. Kerugian akibat kebakaran sekitar Rp 10 juta,” katanya. 

Editor : Ali Muntoha