Jadi Sasaran Adipura, Pengelolaan Sampah TPA Tanjungrejo Kudus Diprioritaskan

Kadinas PKPLH Abdul Halil (dua dari kanan) mengarahkan petugas agar lebih aktif bekerja saat meninjau TPA Tanjungrejo, Rabu (22/11/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Usai mendapatkan Adipura Kencana, Pemkab Kudus kembali mengincar piala Adipura Kencana. Sejumlah persiapan sudah dilakukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Abdul Halil mengatakan, dari sekian banyak lokasi penilaian Adipura, yang paling banyak dominan adalah pengelolaan sampah atau TPA. Untuk itu, pada penilaian kali ini TPA akan dilakukan peningkatan agar hasilnya maksimal.

“Untuk wahana di TPA Tanjungrejo sudah cukup, seperti taman bermain, ruang hijau dan juga penataan lokasi sampai pengolahan sampah. Tinggal menjaganya saja agar tetap bagus,” katanya kepada media, Selasa (22/11/2017) saat meninjau TPA

Menurut dia, yang paling mengkhawatirkan di sana, adalah keberadaan para pemulung yang setiap hari selalu mencungkil sampah. Apalagi saat memasuki musim hujan, di mana bau sampah bisa lebih mudah tersebar.

Menyikapi hal itu, petugas TPA yang dikomando dari UPT TPA Tanjungrejo, diminta agar selalu aktif memantau aktivitas rutin pemulung. Meski lokasi pernikahan sampah sudah ditentukan, namun pengawas harus tetap dilakukan.

“Kami lakukan yang terbaik agar penilaian bagus. Tak berhenti di Adipura saja, namun juga untuk kebutuhan masyarakat di TPA agar lebih nyaman,” ungkap dia

Disebutkan, Penilaian untuk mendapatkan kembali Adipura Kencana dijadwalkan mulai pekan depan. Sasarannya adalah seluruh wilayah Kudus. Dan karena sudah lima kali berturut-turut dan mendapatkan Adipura kencana, maka penilaian akan dilakukan dari pusat.

“Persiapan untuk penilaian sudah kami lakukan. Mulai dari kordinasi dengan instansi terkait agar semuanya berjalan dangan lancar,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi