Wakili Jateng, Kontingen Karnaval Jepara Berharap Berprestasi


Kontingen prajurit dari Jepara saat melaksanakan latihan di lapangan Pantai Kartini, Kamis (16/11/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Kabupaten Jepara menjadi wakil dari Provinsi Jawa Tengah dalam ajang Karnaval Keprajuritan Nusantara 2017, di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta.

Acara tersebut akan dihelat Minggu (19/11/2017), sementara sekitar 150 orang akan berangkat dari Bumi Kartini, Jumat (17/11/2017) guna mempersiapkan penampilan di Jakarta. 

Sekretaris umum Dewan Kesenian Daerah (DKD) Jepara Rhobi Sani menyebut, pada gelaran tersebut kontingen akan mengusung tema Laskar Kalinyamat. Ia menyebut, rombongan berasal dari seluruh wilayah di Jepara.

“Pada kegiatan ini, pesertanya tidak hanya dari satu sanggar atau satu sekolahan saja, namun, mereka berasal dari perwakilan wilayah termasuk dari Pulau Karimunjawa,” ujarnya, Kamis (16/11/2017). 

Menurutnya, proses seleksi dimulai cukup panjang, dari Desember 2016. Mereka disaring untuk mengikuti acara-acara yang diadakan di tingkat kabupaten yakni HUT Jepara pada April, kemudian dilanjutkan ke even Seni Parade Jateng 2017. 

Rhobi berharap, kontingen tersebut dapat menyabet juara pertama. Karena di tahun 2014, Jepara hanya menempati peringkat kedua dalam acara yang sama. 

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Deni Hendarko mengatakan agar kontingen dari Bumi kartini dapat membawa nama harum daerah.  “Harus semangat, karena kita membawa nama Jepara dan Jawa Tengan,” harapnya. 

Editor : Akrom Hazami