Truk Kontainer Pengangkut Bahan Kimia Terbakar di Jalan Pati-Rembang

Warga sempat menyiram truk kontainer yang terbakar di Jalan Pati-Rembang, sebelum unit pemadam kebakaran tiba. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Truk kontainer bernopol K 1564 ND tiba-tiba terbakar tanpa diketahui penyebabnya. Kendaraan tersebut membawa  muatan bahan kimia yang diparkir di Jalur Pantura Pati–Rembang, Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Pati, Senin (13/11/2017).

Kapolsek Batangan AKP Endah Setianingsih mengatakan, truk yang terbakar tersebut tersebut merupakan milik PT AWECO yang akan mengantar muatan bahan kimia dari Cikarang menuju ke Pasuruan, Jawa Timur.

“Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Pengemudi yang bernama Sugiyanto (29), warga Desa Doropayung RT 3 RW 1, Kecamatan Lasem, Rembang, selamat dalam musibah kebakaran,” ujarnya.

Baca: Usai Teriak Takbir, Petani Kuryokalangan Pati Meninggal di Sawah

Kebakaran tersebut juga tidak sampai membakar keseluruhan mobil kontainer. Pasalnya, api yang sempat berkobar berhasil dipadamkan warga dan petugas kebakaran.

Dia menjelaskan, kebakaran terjadi saat pengemudi truk berhenti di depan sebuah warung Marsumi untuk sarapan. Setelah masuk ke dalam warung, pengemudi tidak mengetahui bila mobilnya tiba-tiba terbakar.

Baca: Knalpot Tak Standar, Polisi di Grobogan Terjaring Razia saat Masuk ke Mapolres

Beruntung, seorang warga setempat yang sedang nongkrong di bengkel mengetahui kejadian tersebut. Mereka melihat kepulan asap dan api keluar dari belakang truk kontainer. Mereka lantas memanggil temannya untuk mencari pemilik truk tersebut.

“Warga sempat mencoba memadamkan api dengan memanfaatkan ember. Kami yang mendapatkan informasi langsung meminta bantuan pengerahan satu damkar,” imbuhnya.

Dari informasi yang dihimpun, kontainer tersebut bermuatan delapan kardus Kalsium Silicat, lima jerigen Nitrit asli, satu jerigen H2O asli, dua jerigen Codic Soda Api, enam karung Gravel, dua karung Atratife, dan dua karung Karbon aktif.

Editor: Supriyadi