Lezatnya Durian Lokal Desa Sumberjatipohon Grobogan, Manisnya Bikin Ketagihan

Seorang penjual durian di Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan membelah durian khas Sumberjatipohon untuk pelanggan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, GroboganBagi Anda penggila durian di Grobogan, sebaiknya tidak perlu pergi jauh-jauh untuk berburu buah kesukaan. Datang saja ke Desa Sumberjatipohon, Kecamatan Grobogan yang saat ini sedang musim durian.

Mencari durian di desa yang berbatasan dengan wilayah Sukolilo, Pati ini bisa langsung beli pada pemilik pohon. Jika tidak mau repot, cukup beli durian di pinggir jalan raya Pati-Purwodadi yang masih berada di wilayah Desa Sumberjatipohon.

”Saya baru jualan sekitar tiga minggu. Sekarang memang lagi musim dan buahnya cukup banyak,” kata Novi, penjual durian lokal yang punya pangkalan di pertigaan bekas Rumah Tahanan Purwodadi di Desa Sumberjatipohon, Kamis (9/11/2017).

Menurut Novi, semua barang dagangannya dia beli secara tebasan atau borongan dari pemilik pohon. Selama ini, dia memang hanya menjual durian lokal dari desanya dan tidak mendatangkan dari daerah lain.

”Saya sudah jualan durian sekitar 10 tahun. Masa jualan sekitar dua bulan saja, yakni pas lagi musim panen. Biasanya, musim panen maju mundurnya pada kisaran Oktober hingga Januari,” jelasnya.

salah satu pencinta durian menikmati durian Sumberjatipohon khas Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Durian lokal dari Sumberjatipohon rasanya manis, tidak kalah dengan durian dari Jepara yang sudah terkenal pamornya. Daging durian Sumberjatipohon juga tebal ukurannya.

Harga durian yang ditawarkan bervariasi tergantung ukurannya. Yakni, berkisar Rp 10 ribu untuk ukuran paling kecil dan Rp 100 ribu untuk yang besar.

”Durian yang ukurannya besar tidak banyak. Kebanyakan berukuran sedang dengan harga Rp 30-50 ribu,” kata penjual berusia 35 tahun itu.

Sementara itu, Kaur Umum Desa Sumberjatipohon Rustam menyatakan, di wilayahnya saat ini masih terdapat sekitar 100 pohon durian yang sudah produktif. Pohon durian masih ditanam warga dengan cara tradisional. Yakni, ditempatkan di sela-sela tanah kosong di sekitar pekarangan.

Untuk produktivitas tiap pohon bervariasi antara 20-100 biji. Hal itu tergantung berdasarkan ukuran dan usia pohonnya.”Kalau pohon yang besar dan sudah tinggi, buahnya bisa sampai 100 biji,” katanya.

Selama ini, durian Sumberjatipohon cukup digemari banyak orang, Terbukti, setiap musim, banyak pembeli yang berhenti dipinggir jalan untuk membeli durian. Selain makan ditempat, durian juga dibeli untuk dibawa pulang atau oleh-oleh.

Editor: Supriyadi