Dandim Rembang Tampar Pipi Kades

Dandim 0720/Rembang, Letkol (Inf) Darmawan Setiyadi duduk di samping Kades Jambangan, Kecamatan Sarang bernama Muhamad Hilaludin, yang telah ditamparnya. (ISTIMEWA

MuriaNewsCom, Rembang – Dandim 0720/Rembang, Letkol (Inf) Darmawan Setiyadi menampar Kades Jambangan, Kecamatan Sarang bernama Muhamad Hilaludin saat Rakor Pengawasan Dana Desa di Pendapa Museum RA Kartini, Jumat (10/11/2017). Di rakor tersebut dihadiri seluruh kepala Desa se-Kabupaten Rembang, Kapolres Rembang, Bupati dan Wakil Bupati Rembang.

Keterangan Ketua Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Rembang, Zidad, ketika itu Dandim menyampaikan materi di atas mimbar. Saat bersamaan, Hilaludin yang duduk di deretan kades, terlihat menyandarkan kepala di kursi.

Dandim yang melihat Hilaludin, segera menghentikan paparannya. Dia meminta agar kades tersebut maju. Dandim langsung menampar pipi Hilaludin.

“Pak Dandim tadi kan memang sedang memberikan pengarahan didepan. Tapi yang namanya kepala desa, mungkin kecapekan karena banyak aktivitas, saat itu ada yang menyandarkan kepalanya di kursi. Kemudian dia dipanggil sama Dandim, di-shock therapy semacam kaya militer,” kata Zidad yang juga Kepala Desa Menoro, Kecamatan Sedan kepada sejumlah wartawan.

Akibatnya, terjadi ketegangan dari kubu kepala desa yang tak terima atas perlakuan yang dilakukan Dandim. Akhirnya dilakukan mediasi perdamaian. Mediasi yang dilakukan secara tertutup di Rumah Dinas Bupati Rembang, dipimpin langsung oleh Bupati Rembang Abdul Hafidz. Dalam mediasi tersebut juga nampak hadir Kapolres Rembang, Wakil Bupati Rembang, Sekda Rembang dan perwakilan dari Paguyuban Kepala Desa Rembang.

Dandim di hadapan wartawan mengakui apa yang dilakukannya tidak pas. Darmawan berjanji akan bertindak lebih proporsional dan bijaksana.

“Saya sudah mengawali untuk minta maaf. Karena yang saya lakukan mungkin tidak pas. Yang jelas nanti saya akan jauh lebih bersikap proporsional dan bijak lagi dalam menghadapi masyarakat, karena kan beda antara militer dengan warga sipil,” terangnya. 

Editor : Akrom Hazami

Baca : Tampar Kades, Dandim Rembang Langsung Dinonaktifkan