Sambut Hari Pahlawan, Pengendara di Kudus Diminta Tebak Nama Pahlawan saat Operasi Zebra Candi

Anggota OT menanyakan gambar pahlawan pada pengendara saat operasi Zebra Candi, Kamis (9/11/2017). (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Menyambut Hari Pahlawan yang jatuh Jumat (10/11/2017), pengendara motor yang terjaring Operasi Zebra Candi 2017 diberikan tebak nama pahlawan di Indonesia.

Tebakan diberikan dari Komunitas Onto-onto Tok (OT) yang mengenakan baju veteran dengan didampingi petugas kepolisian Polres Kudus selama razia berlangsung.

Ketua OT, Sulikan (68) mengatakan, keterlibatan komunitasnya dalam razia baru kali pertama ini. Dalam kesempatan kali ini, mereka bertugas bertanya pada pengendara sambil menunjukkan poster.

“Ini nama pahlawan siapa?” tanyanya kepada pengendara sambil menunjukkan salah satu gambar pahlawan.

Baca: Jadi Perhatian Pengendara, “Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga” Ikut Operasi Zebra Candi

Sayangnya, selama bertanya kepada pengendara jarang yang bisa menjawabnya. Padahal, poster pahlawan yang dibawa merupakan poster pahlawan yang terkenal seperti Panglima Diponegoro, Jenderal Soedirman, dan pahlawan-pahlawan nasional lainnya.

Sementara, Wakapolres Polres Kudus M Ridwan menyebutkan, bertanya kepada pengendara soal pahlawan merupakan hal yang pas dalam momen Hari Pahlawan. Karena, kemerdekaan Indonesia yang dirasakan saat ini berkat jasa para pahlawan. Untuk itu, perlu untuk dikenang.

“Sudah sepatutnya dikenang dan dikenal. Kalau mereka adalah pahlawan dahulu, maka harapannya masyarakat kini menjadi pahlawan berlalulintas,” harapnya.

Dia menambahkan, bagi pengendara yang mampu menjawab dengan benar tokoh pahlawan akan diberi hadiah. Hanya, bagi yang kelengkapan kendaraan tak lengkap, tetap akan ditilang.

Editor: Supriyadi