Dua Jam Razia, 584 Kendaraan di Juwana Kena Tilang

Polisi memberhentikan pengendara dalam Operasi Zebra 2017 yang dipusatkan di Juwana, Sabtu (4/11/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Satlantas Polres Pati menilang sedikitnya 584 kendaraan di sejumlah lokasi yang dinilai rawan pelanggaran lalu lintas di Juwana, Pati, Sabtu (4/11/2017). Padahal, operasi lalu lintas digelar tidak lebih dari dua jam.

“Sasaran kami memang lokasi yang rawan pelanggaran lalu lintas, sehingga banyak kendaraan yang kami tilang,” ujar Kasatlantas Polres Pati AKP Ikrar Potawari.

Baca: Warga Kerso Tewas Mengenaskan Setelah Terlindas Truk di Rengging Jepara

Dari 584 kendaraan yang ditilang, sebagian besar tidak membawa surat kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK. Sementara sepeda motor yang tidak sesuai standar berjumlah sekitar 32 kendaraan.

Selain melakukan tilang, polisi juga memberikan teguran kepada 78 pengendara. Teguran diberikan kepada pengendara yang tidak terlalu melanggar lalu lintas, sehingga dilakukan tindakan persuasif-edukatif.

“Kami melibatkan sekitar 92 anggota satlantas untuk menindak pengendara yang melanggar lalu lintas. Pengendara yang tidak membawa SIM biasanya umurnya masih di bawah 17 tahun,” papar dia.

Operasi Zebra Candi 2017 sendiri digelar secara serentak di seluruh Indonesia untuk membangun kesadaran berlalu lintas. Sesuai jadwal, operasi tersebut akan selesai pada 14 November 2017 mendatang.

Editor: Supriyadi