Produk Bulu Mata Asal Batang Rambah Pasar Mancanegara

Pekerja menyelesaikan kerajinan bulu mata. (Rumah UKM)

MuriaNewsCom, Batang – Kerajinan bulu mata palsu berasal dari Kabupaten Batang, kini mampu menembus pasar mancanegara seperti Jepang, Korea, dan sebagian negara di Eropa.

Dilansir dari Antarajateng.com, pimpinan PT Cosmos Indokarya Pemalang, Sodik di Batang, Rabu (1/1/2017), mengatakan bahwa kerajinan bulu mata palsu ini telah mampu menyedot ribuan tenaga kerja berasal dari Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Batang.

“Adapun produksi bulu mata palsu setiap bulannya ditargetkan bertambah. Pada Oktober 2017 ini, kami mampu memproduksi 150 ribu bulu mata palsu sedang November 2017 ditargetkan 175 ribu bulu mata,” kata Sodik.

Permintaan kerajinan bulu mata palsu dari pasar mancanegara terus mengalami kenaikan sehingga produksinya setiap bulannya ditargetkan naik.

“Saat ini kerajinan bulu mata palsu diproduksi di Kelurahan Kauman Kecamatan Batang Kota dan Kabupaten Pemalang. Selain itu, produksi kerajinan bulu mata juga dikerjakan di rumah penduduk,” ujarnya.

Ia mengaku saat ini PT Cosmos belum dapat sepenuhnya memenuhi permintaan bulu mata palsu pada sejumlah konsumen mancanegara karena terkendala jumlah tenaga kerja.

“Kami belum mampu memenuhi permintaan pasar karena karyawan masih kurang. Kendati demikian, kami berusaha memenuhi permintaan konsumen itu dengan meningkatkan target produksi bulu mata,” ungkap dia.

Sodik mengatakan sebenarnya pembuatan bulu mata palsu ini termotivasi dari Kabupaten Purbalingga dalam pemberdayaan perempuan untuk mendapatkan penghasilan.

“Oleh karena, kami berusaha memproduksi kerajinan bulu mata di Kabupaten Batang untuk ikut membantu pemerintah dalam mengurangi penggaguran dan memberikan penghasilan,” pungkas Sodik.

Editor : Akrom Hazami