Para Jenderal TNI dan Polri Datangi Produsen Beras di Pati, Ada Apa?

Kunjungan Mayjend TNI Bambang Suharyanto dan Irjen Pol Eko Hardi di UD Wahyu Abadi, Sembaturagung, Jakenan, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Dua jenderal dari Mabes TNI dan Mabes Polri mendatangi Kabupaten Pati. Lokasi yang dituju para jenderal itu yakni produsen beras, yang selama ini menjadi mitra Bulog.

Kedua jenderal itu yakni Staf Kasad dari Tim Khusus Pangan Mayjend TNI Bambang Suharyanto dan Irjen Pol Eko Hadi Sutejo dari Analisis Kebijakan Utama Bidang Jianstra Slog Polri. Kedatangan mereka ternyata terkait dengan program untuk ketahanan pangan nasional.

Kunjungan dipusatkan di salah satu mitra Bulog, UD Wahyu Abadi di Sembaturagung, Jakenan, Pati. Staf khusus Kementerian Pertanian Sam Harodian turut hadir dalam kesempatan tersebut.

“Kunjungan dilakukan untuk memastikan stok beras yang tersimpan di gudang UD Wahyu Abadi sebagai salah satu mitra Bulog. Pati diharapkan bisa ikut menyukseskan program swasembada pangan nasional,” ujar Dandim Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, Rabu (20/9/2017).

Sementara Mayjend TNI Bambang ingin memastikan jika serapan gabah yang masuk ke Bulog sudah memenuhi target atau belum. Dia juga ingin memastikan apakah upaya pemerintah dalam mendampingi petani sudah tepat sasaran atau tidak.

“Kami ingin tahu kendala dan solusi yang dihadapi antara petani dan rekanan Bulog,” jelas Mayjend Bambang.

Dia menegaskan, petani mesti ikut memberikan kontribusi dalam menyukseskan program swasembada pangan. Selain itu, mitra Bulog harus berkelanjutan dalam bekerja sama dengan Bulog.

Pasalnya, dalam beberapa kasus, banyak mitra Bulog yang enggan menjual beras ke Bulog lantaran harganya murah. Sementara saat harga naik, mereka beramai-ramai menjadi mitra Bulog.

Editor : Ali Muntoha