Hari Kemerdekaan, 8 Narapidana Rutan Purwodadi Bebas

Bupati Grobogan Sri Sumarni secara simbolis menyerahkan SK Remisi pada perwakilan narapidana Rutan Purwodadi, Kamis (17/8/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebanyak delapan narapidana Rumah Tahanan (Rutan) Purwodadi mendapat remisi bebas di Hari Kemerdekaan, Kamis (17/8/2017). Kedelapan napi tersebut dibebaskan setelah menerima remisi II yang langsung habis masa pidananya.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Purwodadi Heri Dwi Siswanto mengungkapkan, untuk narapidana penerima remisi keseluruhan ada 88 orang. Rincianya, 78 orang dapat remisi umum 17 Agustus dan 2 orang dapat remisi PP 99/ tipikor.

Kemudian, 8 orang menerima remisi II yang langsung habis masa pidananya dan berkah mendapat kebebasan.

”Jumlah penguhuni Rutan Purwodadi saat ini ada 224 orang. Terdiri 145 narapidana dan 79 tahanan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Grobogan Sri Sumarni meminta semua warga binaan yang terdiri dari tahanan dan narapidana agar tidak merasa rendah diri dengan kondisi yang dialami. Ia pu berharap status penghuni rutan yang pernah melekat bisa dijadikan pelajaran berharga.

”Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Oleh sebab itu, selepas keluar dari sini jangan sampai diulangi lagi kesalahan serupa,” kata Sri Sumarni saat acara penyerahan remisi, seusai upacara bendera di Alun-alun Purwodadi, Kamis (17/8/2016).

Dalam kesempatan itu, Sri Sumarni juga mengapresiasi pihak rutan yang menyediakan beragam pelatihan ketrampilan buat warga binaan. Diharapkan, dengan pelatihan itu para warga binaan nantinya bisa mengaplikasikan sebagai lahan pekerjaan selepas menjalani masa hukuman.

Editor: Supriyadi