Cantiknya Gedung Juang 45 Pati Usai Dipercantik dengan Payung Merah Putih Melayang

Suasana Gedung Juang 45 Pati dengan payung merah dan putih saat digunakan untuk upacara Hari Veteran Nasional, Kamis (10/8/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Gedung Juang 45 di Jalan P Sudirman Pati dilengkapi dengan hiasan payung melayang berwarna merah dan putih. Pemandangan itu pun menyedot perhatian pengunjung.

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah mengatakan, puluhan payung berwarna merah dan putih dipasang untuk menyambut HUT ke-72 RI. Sebab, Gedung Juang 45 menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan dari Pati dalam melawan kolonialisme.

“Gedung Juang 45 menjadi saksi bisu perjuangan para pendahulu kita saat melawan kolonialisme Belanda. Semangat para pahlawan itu yang kami sebarkan kepada masyarakat melalui simbol payung merah dan putih,” ujar Letkol Inf Andri, Kamis (10/8/2017).

Selain itu, payung memiliki makna mengayomi. Tanpa disadari, kata dia, setiap hidup masyarakat Indonesia diayomi oleh merah putih yang menjadi simbol bangsa Indonesia.

Payung yang mengayomi itu akan semakin kuat dan berjaya bila setiap warga bahu-membahu dalam semangat persatuan. “Ini juga menjadi simbol bagi anggota TNI untuk selalu siap kapan pun bila sewaktu-waktu terjadi pada NKRI,” tuturnya.

Semangat merah putih juga bisa dilakukan dalam berbagai ekspresi, baik dari ucapan maupun visual. Melalui payung berwarna merah dan putih yang cukup unik itu, dia ingin ikut menyemarakkan HUT RI.

Agus Armanto, salah satu pengunjung asal Pati mengatakan, upaya yang dilakukan Kodim 0718/Pati cukup menarik dan memiliki nilai seni.  Payung itu masih tetap terlihat bagus meski pada malam hari.

Gedung Juang 45 sendiri saat ini menjadi kawasan destinasi wisata malam dengan belasan penjual yang menjajakan aneka kuliner, dari makanan khas Pati maupun minuman. “Menjadi semakin semarak saat nongkrong di sana,” tandas Agus.

Editor : Akrom Hazami