Terus Berinovasi, Pemkab Kudus Diganjar Inagara Award

Kepala LAN Dr Ad Suryanto menyerahkan penghargaan Inagara kepada Sekda Kudus Noor Yasin. (Foto : Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kembali mendapat penghargaan dari pemerintah Kudus. Kali ini Lembaga Administrasi Negara (LAN) memberi penghargaan sebagai pemerintah daerah yang berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan inovasi administrasi Negara.

Penghargaan bertajuk Inovasi admistrasi Negara (Inagara) Award 2017 itu diberikan Kepala LAN Dr Adi Suryanto, kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Noor Yasin yang mewakili Bupati Kudus Musthofa, Senin (7/8/2017). Penghargaan itu disampaikan dalam helatan acara HUT ke-60 LAN yang dilangsungkan di auditorium LAN.

Dalam kesempatan itu, ada 11 pemerintah kabupaten/kota se-Indonesia yang mendapatkan Inagara Award, dan Kudus salah satu di antaranya.

Sekda Kudus Noor Yasin mengatakan, Pemkab Kudus terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Penghargaan ini menurut dia, sebagai bukti dan pengakuan bahwa Kudus telah berhasil dalam berbagai macam inovasi.

“Semoga ini menjadi contoh bagi daerah lain untuk meniru daerah yang memiliki inovasi,” ujarnya. Saya cukup bangga, karena Kudus termasuk daerah yang terdepan dalam berinovasi,” katanya.

Sementara itu, Kepala LAN Adi Suryanto mengaku optimistis, ke depan birokrasi akan lebih baik lagi. Ia pun berpesan kepada pemerintah daerah yang telah mendapatkan penghargaan untuk tidak berhenti dalam berinovasi, termasuk dalam implementasinya.”Inovasi akan berguna saat bisa diimplementasikan secara nyata dan berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara itu, Menpan RB Asman Abnur menyatakan menaruh harapan besar kepada daerah yang telah mendorong pengembangan inovasi di daerahnya. Dirinyapun menyebut,jika berbagai inovasi tersebut bisa diadopsi di berbagai daerah, maka tak perlu lagi ada banyak studi banding yang bahkan ke luar negeri.

“Inovasi di daerah,harus bisa ditularkan ke daerah lain. Hal ini harus bisa tersebar luas sebagai suatu wujud kebaikan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, menpan RB tampak hadir bersama menteri ESDM,Ignasius Jonan. Keduanya, bersama menteri Pariwisata menerima penghargaan sebagai Widya Iswara utama kehormatan. (nap)

Editor : Ali Muntoha