Respons Tim Purbakala Sangiran Lihat Lokasi Penemuan Fosil Banjarejo Grobogan

Tim ahli dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) saat tiba di lokasi penemuan fosil, Senin (12/6/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Penemuan fosil hewan purba terbaru di Banjarejo ternyata dinilai sangat istimewa. Sebab, fosil yang sudah terlihat terdiri dari beberapa bagian tubuh satu individu hewan purba.

“Ini, cukup banyak fosil yang sudah terlihat. Dari pengamatan sementara, fosil ini berasal dari hewan purba jenis Stegodon,” ungkap Kasi Perlindungan pada Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Budi Sancoyo di lokasi penemuan fosil, Senin (12/6/2017).

Budi dan lima tim dari BPSMP tiba di Banjarejo tepat tengah hari. Selanjutnya, mereka langsung menuju lokasi penemuan fosil di areal tegalan di Dusun Kuwojo. Di lokasi penemuan, sudah menunggu puluhan warga Banjarejo yang ingin menyaksikan pengangkatan fosil purba tersebut.

Menurut Budi, setelah melakukan observasi, pihaknya akan melakukan upaya penyelamatan temuan fosil tersebut. Namun, proses pengangkatan tidak bisa selesai dalam satu hari.

Sebab, fosil yang terlihat cukup banyak jumlahnya. Selain itu, untuk pengangkatan fosil butuh kehati-hatian dan ketelitian.

“Selama ini, jarang ada penemuan fosil satu individu hewan purba. Oleh sebab itu, penemuan di Banjarejo ini sangat istimewa,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami