Satlantas Polres Grobogan Dilatih Tangani Korban Kecelakaan

Anggota Satlantas Polres Grobogan mengikuti pelatihan pertolongan gawat darurat (PPGD) untuk korban kecelakaan lalu lintas di aula RS Panti Rahayu Purwodadi (MuriaNewsCom / Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Belasan anggota Satlantas Polres Grobogan dibekali pelatihan pertolongan gawat darurat (PPGD) untuk korban kecelakaan lalu lintas. Kegiatan pelatihan tersebut dilangsungkan di aula RS Panti Rahayu Purwodadi, Kamis (29/3/2017).

Instruktur pelatihan diambilkan dari tenaga paramedis rumah sakit tersebut yang selama ini sudah berpengalaman menangani korban kecelakaan.

Dalam pelatihan tersebut, para polisi tidak sekadar dibekali teori saja. Tetapi juga dapat pelajaran praktik cara menangani korban kecelakaan yang benar. Terutama, pada korban yang kondisinya cukup parah dan harus segera memerlukan bantuan medis.

“Pelatihan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Melalui pelatihan ini, anggota nantinya diharapkan bisa bisa menangani korban laka lantas dengan cepat dan tepat,” kata Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa.

Menurut Panji, selama ini, kondisi yang menimpa korban kecelakaan berbeda-beda. Ada yang hanya mengalami luka ringan dan sedang saja. Namun, juga ada yang patah tulang, pendarahan, dan luka berat.

“Tiap kondisi ini ternyata penanganannya tidak sama. Untuk itulah, pelatihan seperti ini diperlukan guna mencegah fatalitas korban kecelakaan,” katanya.  

Editor :  Akrom Hazami