Kudus Butuh 50 Titik CCTV

Kendaraan melintas di wilayah Tanggulangin Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. Titik itu merupakan salah satu area padat lalu lintas yang telah dipasangi CCTV. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus membutuhkan sekitar 50 unit penambahan kamera CCTV yang dipasang di sejumlah jalan raya setempat.

Tambahan CCTV tersebut dibutuhkan untuk memantau kondisi jalan raya di Kudus secara keseluruhan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kudus Didik Sugiharto mengatakan, secara idealnya, Kudus memang membutuhkan tambahan 50 unit CCTV. Untuk memenuhinya, akan dilakukan secara bertahap setiap tahunnya.

“Seperti tahun ini kami akan menambahkan CCTV 20 unit. Semuanya akan kami pasang di tempat yang ramai dengan pengguna jalan,” kata Didik di Kudus, Rabu (29/3/2017).

Dengan adanya penambahan 20 CCTV itu, kata Didik, bakal mempermudah pemantauan arus lalu lintas. Sehingga, jika dirasa perlu penanganan petugas dishub, maka petugas akan turun membantunya.

Bahkan, sejumlah pelanggaran lalu lintas dapat terpantau. Pihaknya juga membuka peluang kerja sama dengan polisi.

“Seperti sekarang saja saat saya buka, tampak arus lalu lintas berjalan,” ujarnya.

Rekaman CCTV juga bakal dihubungkan dengan aplikasi android Menjaga Amanah Rakyat (Menara). Aplikasi itu sebentar lagi akan diluncurkan.

Editor : Akrom Hazami