Pemdes Tegaldowo Rembang Bakal Manfaatkan Embung jadi Wisata Keluarga

Warga menikmati pemandangan di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Pemerintah Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Rembang, kini bakal memanfaatkan embung desa setempat untuk dijadikan wisata keluarga atau wisata edukasi.

Kepala Desa Tegaldowo Suntono mengatakan, berhubung di sini ada embung, maka nantinya akan bisa dimanfaatkan sebagai wisata keluarga atau wisata edukasi. “Bagi siswa sekolah baik TK maupun SMP bahkan keluarga juga bisa berkunjung ke sini,” katanya.

Embung seluas 1,3 hektare yang dibangun di luar desa serta dikeliling perbukitan saat ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. “Untuk saat ini para wisatawan sudah mulai berdatangan. Khususnya bagi warga luar Tegaldowo. Sebab di sini memang ada beberapa fasilitas sederhana. Misalkan saja gazebo yang berukuran 6×4 2 buah, ayunan, mainan anak anak dan sejenisnya,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, saat libur sekolah atau menjelang sore, tempat ini ramai sekali. Sehingga cocok untuk dijadikan tempat alternatif sebagai wisata yang murah meriah. Kemudian saat ditanya mengenai tindak lanjut pemanfaatan sebagai wisata tersebut. Saat ini ia dan jajaran pemerintah desa lainnya akan membicarakannya lebih lanjut.

“Kalau tindak lanjutnya ke depannya kayak apa tentunya kita akan memanfaatkan ini dengan baik. Apakah nantinya ada retribusinya atau tidak, yang tentu itu urusan nomor kesekian. Yang penting embung ini bisa dimanfaatkan ganda. Yakni perairan sawah dan jujugan atau alternatif wisata keluarga atau edukasi,” imbuhnya.

Sementara itu, pengunjung embung dari Desa Wonokerto Sale Zainal (36) mengatakan, tempat ini sangat bagus. Terlebih ada fasilitas gazebonya. “Saat dilihat sekilas dari jarak kejauhan memang seperti tempat asing. Padahal ini di Rembang. Dan ini harus diekspos ke luar terlebih dahulu. Supaya eksotisme tempat ini bisa dikenal terlebih dahulu,” tambahnya.

 

Editor : Akrom Hazami