Peringati Hari Air Sedunia, Warga Tegaldowo Rembang Gelar Kirab

Kirab budaya yang dilakukan warga Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem , Rembang, dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Warga Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Rembang, mengadakan kirab budaya, dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, pada 22 Maret 2017. Kirab budaya ini dilakukan dengan mengelilingi embung yang ada di desa setempat. Tampak, kirab ini lebih meriah dengan adanya barongan, tujuah perempuan yang membawa kendi da nada 70 orang yang membawa bendera merah putih.

Kepala Desa Tegaldowo Suntono mengatakan, acara tersebut merupakan salah satu cara untuk memperingati Hari Air Sedunia. “Kirab seperti ini, baru kali pertama kita laksanakan. Embung yang ada di Tegaldowo ini, juga baru jadi beberapa bulan lalu. Mudah-mudahan, keberadaan embung seluas 1,3 hektare yang dibuatkan PT Semen Indonesia ini, bisa bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi para petani,” ungkapnya.

Menurutnya, keberadaan embung terseut dibangun di atas lahan bengkok desa. Karena saat ini keberadaan perangkat desa sudah cukup, dan tidak perlu lagi merekrut perangkat, sehingga pihak desa menilai, lahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk keperluan masyarakat banyak dengan digunakan untuk embung.

Dia melanjutkan, fungsi embung ini, sebagai penyimpan air saat musim hujan. Selain itu, sebagai tempat penyedia air saat musim panas. Katanya, sebelum adanya embung, warga setempat mengambil air dari aliran sungai sambil menggunakan genset. Namun setalah adanya embung ini, para petani bisa memanfaatkan aliran embung yang disalurkan ke sawah petani.

Editor : Kholistiono