Fasbuk Edisi Sajak Cinta  Sapardi Djoko Damono Memukau

Salah satu pengisi acara dalam kegiatan Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (Fasbuk) di Auditorium UMK, Kampus Gondangmanis, Bae, Kudus, Senin (20/3/2017) malam. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (Fasbuk) yang didukung Bakti Budaya Djarum Foundation bekerjasama dengan HMP SI Universitas Muria Kudus (UMK) sukses menggelar lawatan rutin sastra dan Budaya, di Auditorium UMK, Kampus Gondangmanis, Bae, Kudus, Senin (20/3/2017) malam.

Ketua Badan Pekerja Fasbuk Arfin AM mengatakan, Fasbuk edisi Maret 2017 bertepatan dengan tanggal dan bulan kelahiran dari sastrawan Prof Dr Sapardi Djoko Damono, salah satu tokoh sastrawan yang sangat populer. “Tidak hanya di kalangan para penyair, namun juga di kalangan masyarakat umum terutama anak muda, karena sajak-sajak cinta miliknya,” kata Arfin.

Fasbuk menghadirkan pertunjukan musik dari kelompok Gado-Gado Coustik juga Sikustik milik HMP SI yang akan mengaransement puisi – puisi milik Sapardi.

Di sela-sela pertunjukan juga akan diadakan diskusi tentang kedalaman makna serta keindahan sajak cinta yang dimainkan oleh para penampil. Dengan narasumber adalah Widya Hastuti Ningrum, guru pengajar Bahasa dan Sastra Indonesia yang juga aktif sebagai sekretaris KPK (Keluarga Penulis Kudus).

Salah satu pengisi acara dalam kegiatan Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (Fasbuk)  di Auditorium UMK, Kampus Gondangmanis, Bae, Kudus, Senin (20/3/2017) malam. (ISTIMEWA)

 

Beberapa puisi yang ditampilkan adalah Seperti Kabut, Sajak Kecil tentang Cinta; Puisi Kisah, Hujan di Bulan Juni, Seperti Kabut; Yang Fana dan adalah Waktu, Aku Ingin; dan Pada Suatu Hari Nanti, Sajak Kecil tentang Cinta.

Sekilas tentang Fasbuk, adalah ruang kerja fisik dan pemikiran secara kontinyu untuk mencipta inovasi serta varian sebuah paket kemasan kegiatan dalam bidang kesusasteraan dan kesenian lokal.  Yang nantinya mampu menjadi aset atas keberagaman kebudayaan nasional dan dekat masyarakatnya sehingga tercapai ruang bersama untuk saling berbagi, bertukar pikiran, demi sebuah cita-cita luhur tumbuhnya nilai-nilai kesadaran manusia yang berbudaya.

Secara rutin tiap bulannya Fasbuk menggelar acara sastra dan seni budaya yang meliputi apresiasi sastra, sarasehan budaya, pertunjukan musik, tari dan pementasan drama/teater, dan sebagainya. Acara tersebut di gelar di berbagai tempat kantong-kantong Budaya di Kudus.

Editor : Akrom Hazami