Jalan Rusak di Desa Pasucen Pati Bakal Dibetonisasi

Sebuah kendaraan truk melintasi jalan Desa Pasucen yang mengalami kerusakan parah. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Jalan di Desa Pasucen, Kecamatan Trangkil, Pati yang dikeluhkan warga karena banyak berlubang dan tidak layak akhirnya akan segera dibetonisasi. Hal itu disampaikan Kepala Desa Pasucen, Ikhwan Rosyadi, Selasa (14/3/2017).

Rencananya, betonisasi akan dilakukan pada Juni 2017 mendatang. Betonisasi direncanakan menggunakan dana desa dan dana aspirasi.

“Rencana pengaspalan sebetulnya sudah dilakukan pada 2016 lalu. Hanya saja, anggaran baru cair pada Juni 2017. Kondisi semacam ini, masyarakat mesti tahu sehingga bisa saling memahami,” ungkap Ikhwan.

Langkah betonisasi akan dilakukan, karena jalan tersebut selama ini banyak dilalui truk bermuatan tanah. Karena itu, penggunaan aspal dinilai kurang tepat sehingga butuh jalan berbeton yang lebih kuat.

“Banyak truk bermuatan tanah yang lewat. Kalau perbaikan jalan menggunakan aspal, saya kira akan cepat rusak lagi. Karena itu, kami merencanakan akan melakukan betonisasi supaya lebih awet,” tuturnya.

Baca juga : Warga Keluhkan Rusaknya Jalan Desa Pasucen Pati yang Tak Kunjung Diperbaiki

Penggunaan dana desa untuk betonisasi jalan diakui tidak cukup. Untuk itu, pihaknya membutuhkan dana aspirasi supaya perbaikan jalan dengan betonisasi dapat berjalan baik dengan anggaran yang memadahi.

Dia menambahkan, proses betonisasi akan dilakukan secara bertahap dengan melakukan betonisasi sepanjang 200 meter. Bila ada anggaran lagi, ia berjanji akan melakukan betonisasi seluruh jalan sehingga masyarakat bisa menikmati akses jalan yang baik.

Editor : Kholistiono