Heboh,Emas Berbentuk Bunga Mawar Muncul dari Bumi Banjarejo Grobogan

Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik menunjukkan perhiasan emas berbentuk setangkai bunga mawar yang ditemukan warganya Sabtu (4/4/2017). (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Penemuan benda bersejarah kembali terjadi di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus,Grobogan. Kali ini, benda yang ditemukan dinilai sangat fenomenal. Yakni, berupa perhiasan emas berwujud setangkai bunga mawar yang sedang mekar.

Bentuk perhiasan emas yang ditemukan ini ukurannya tidak terlalu besar. Panjang dari ujung kuncup bunga hingga pangkal tangkainya sekitar 4 cm. Lebar kelopak bunga antar ujungnya juga berkisar 4 cm.

Bagian bunga dalam perhiasan yang diduga sebuah tusuk konde itu ada beberapa lapisan. Paling bawah ada lima helai kelopak bunga yang sudah mekar.

Sementara, di atasnya ada beberapa helai yang akan mekar dan ada yang terlihat masih seperti kuncup. Di bagian bawah kelopak terdapat tangkai bunga sepanjang 2 cm yang juga berlapis emas.“Ukuran perhiasan ini memang tidak terlalu besar. Beratnya sekitar 7,6 gram,” ungkap Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik.

Perhiasan ini ditemukan bertepatan dengan Hari Jadi ke-291 Kabupaten Grobogan, Sabtu (4/3/2017) kemarin. Lokasi penemuannya berada di areal sawah di Dusun Medang. Tepatnya, sekitar 100 meter di selatan tanah keramat yang diyakini sebagai tempat berdirinya bangunan Keraton Kerajaan Medangkamulan.

Editor : Kholistiono