Istri TNI di Pati Ikuti Sosialisasi Bahaya Kanker Serviks

Sejumlah istri anggota TNI di Pati mendonorkan darahnya, sebelum mengikuti sosialiasi bahaya kanker serviks di Makodim Pati, Jumat (3/3/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Sedikitnya 250 istri anggota TNI di Pati yang tergabung dalam organisasi Persit Kartika Chandra Kirana 39 mengikuti sosialisasi bahaya kanker serviks di Aula Suluh Bakti Makodim 0718/Pati, Jumat (3/3/2017).

Kegiatan tersebut untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persit ke-71, sekaligus memberikan pemahaman kepada istri TNI untuk selalu menjaga kesehatan agar terhindar dari bahaya kanker serviks. “Kanker serviks bisa mengancam setiap wanita, baik muda maupun tua. Karena itu, butuh pengetahuan untuk menghindarinya,” kata Ketua Persit Pati Ny Andri Amijaya Kusuma.

Sosialiasi tersebut menghadirkan dr Arif, seorang pakar kesehatan. Ia menjelaskan, kanker serviks biasanya disebabkan sejumlah faktor. Salah satunya, gonta-ganti pasangan seksual, melahirkan, minum pil keluarga berencana (KB) selama lebih dari lima tahun, hubungan seksual terlalu dini, dan merokok.

“Salah satu indikasi seorang wanita terkena kanker serviks, terjadi pendarahan pada alat kelamin setelah melakukan hubungan seksual di luar masa menstruasi. Bila seorang wanita terdapat gejala ini, sebaiknya waspada dan memeriksakan kepada dokter spesialis,” kata dr Arif.

Selain mengikuti sosialisasi bahaya kanker serviks, istri anggota TNI juga mendonorkan darahnya untuk aktivitas kemanusiaan. Sedikitnya 62,5 liter darah dari 250 istri TNI didonorkan untuk membantu sesama yang membutuhkan.

Editor : Kholistiono