KPU Pati Tegaskan Siap Hadapi Gugatan Relawan Kotak Kosong

Komisioner KPU Pati Imbang Setiawan. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati menyatakan kesiapannya menghadapi gugatan dari relawan kotak kosong yang tergabung dalam Aliansi Kawal Demokrasi Pilkada Pati (AKDPP) ke Mahkamah Konstitusi (MK). Hal itu dikatakan Komisioner KPU Pati Imbang Setiawan, Kamis (2/3/2017).

Dia mengaku sudah berkoordinasi secara intensif dengan KPU RI dalam mempersiapkan gugatan AKDPP ke MK. “Kami sudah mendapatkan informasi, memang sudah ada pendaftaran gugatan ke MK terkait Pilkada Pati. Namun, saat ini kami masih menunggu informasi dari KPU RI tentang kepastian tindak lanjut dari MK,” ungkap Imbang.

Dari informasi yang dihimpun, Ketua AKDPP Sutiyo mendaftarkan gugatan Pilkada Pati ke MK. Pendaftaran dilakukan pada 28 Februari dengan kuasa hukumnya, Haris Azhar, Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras).

Ditanya soal materi gugatan, Imbang belum mengetahui materi yang didaftarkan. Menurutnya, hal itu akan diketahui bila gugatan diterima dan akan disidangkan.

“Normatifnya, gugatan ke MK terkait dengan perselisihan hasil pemilihan (PHP). Namun, kami akan menunggu kepastiannya setelah MK mengumumkan secara resmi,” tutur Imbang.

Secara teknis, informasi kepastian sidang atas pengajuan gugatan di MK akan disampaikan Lembaga Yudikatif kepada KPU RI. Selanjutnya, informasi dari KPU RI akan diteruskan ke KPU Daerah.

Selama ini, KPU Pati diakui sudah melakukan tahapan sesuai dengan aturan dan sudah terdokumentasi dengan rapi. Bila dibutuhkan untuk dibuka setiap saat, pihaknya akan siap. “Materi gugatannya belum diketahui, sehingga jawaban belum bisa kami sampaikan,” tandasnya.

Editor : Kholistiono