Antisipasi Banjir Susulan, Tumpukan Sampah di Sungai Simo Pati Dibersihkan

Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) melakukan bersih-bersih sampah di kawasan sungai Simo, Pati, Rabu (1/3/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Banyaknya sampah yang menumpuk di sepanjang kawasan Sungai Simo dari Desa Widorokandang hingga Desa Sinoman, Kecamatan Pati membuat aliran air tersumbat. Hal itu yang membuat Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) melakukan bersih-bersih sampah di kawasan sungai tersebut, Rabu (1/3/2017).

Kasubbag Tata Usaha UPT Dinas PUTR Pati Eka Sulistiana menuturkan, pembersihkan sampah yang menumpuk akibat luapan banjir beberapa waktu lalu tersebut untuk mengantisipasi adanya banjir susulan, karena aliran air tersumbat sampah. Sebab, sampai saat ini, hujan masih beberapa kali terjadi.

“Meski kemarau sudah mulai tiba, tetapi curah hujan terbilang masih tinggi. Bila tidak segera dibersihkan, air yang mengalir di sungai bisa tersumbat sehingga akan menyebabkan banjir susulan. Ini yang kita antisipasi,” kata Eka.

Sampah yang dibersihkan sebagian besar adalah pelepah pisang, ranting-ranting bambu, sampah plastik dan berbagai sampah organik lainnya. Sampah-sampah tersebut menumpuk, ada yang mengendap dan beberapa mengambang, serta menyumbat aliran air.

Tumpukan sampah juga menyumbat di sejumlah jembatan. Pasalnya, tinggi jembatan di wilayah tersebut sebagian besar lebih rendah ketimbang badan jalan sehingga banyak sampah yang mudah tersangkut di bawah jembatan. Karena itu, pihaknya sudah melayangkan surat kepada pemilik jembatan untuk meninggikan jembatannya.

“Kami juga sudah melayangkan surat kepada pemilik jembatan agar jembatan yang lebih rendah dari badan jalan ditinggikan. Hal itu diharapkan agar sampah tidak menyumbat sungai yang berpotensi menyebabkan banjir,” tandasnya.

Editor : Kholistiono