Pedagang Pasar Pagi Purwodadi Minta Paguyuban Pasang Instalasi PDAM

 

Paguyuban pedagang pasar pagi Purwodadi membeli tandon air untuk tambahan persediaan air, Jumat. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sejumlah pedagang Pasar Pagi Purwodadi meminta pihak paguyuban mencari upaya alternatif guna mendapatkan persediaan air. Salah satu caranya, dengan memasang jaringan instalasi air PDAM.

Hal itu dilontarkan seiring terhentinya pasokan air di kawasan pasar akibat mesin pompa terbakar. Selain itu, upaya yang dilakukan pihak paguyuban dengan membuat sumur bor juga belum berhasil mendapatkan sumber air. Padahal, pengeboran sudah dikerjakan di tiga titik.

“Saat ini, pasokan air memang sudah lancar lagi setelah mesin pompanya diganti. Tetapi, untuk antisipasi ke depan, ada baiknya kalau dipasang jaringan air PDAM di sini. Jadi, kalau sewaktu-waktu mesin rusak atau listrik padam tidak ada kendala soal air lagi,” kata Kasno, salah seorang pedagang pasar pagi.

Wakil Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Pagi Riyanto menyatakan, usulan untuk memasang jaringan PDAM dinilai cukup baik. Sebab, itu merupakan salah satu solusi untuk mendapatkan persediaan air bagi pedagang dan pembeli.

Menurutnya, kebutuhan air tiap hari dinilai cukup besar, sekitar 4.000 liter. Saat ini, jaringan instalasi air sudah terpasang di dalam pasar. Instalasi air dengan kran sebanyak 120 ini digunakan untuk menyalurkan air dari tandon penampungan.

“Soal pemasangan jaringan PDAM di pasar memang bagus untuk mengantisipasi kalau terjadi kendala seperti kemarin. Nanti, akan kita bicarakan dulu dengan pengurus paguyuban dan UPTD pasar,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur PDAM Grobogan Bambang Pulunggono menyatakan, pihaknya siap untuk menyediakan pemasangan jaringan air di Pasar Pagi. Ia mewacanakan untuk memasang hidran air umum yang bisa digunakan bersama untuk pedagang.

“Model ini lebih mudah dan murah karena cukup pasang satu meteran saja. Air dipakai bersama dan nanti pihak paguyuban yang menangani pengelolaannya. Jadi, pada prinsipnya kami siap membantu pedagang untuk menyediakan air disini,” jelasnya saat menyerahkan bantuan air bersih di Pasar Pagi, Jumat (24/2/2017).

Selain itu, bisa juga tiap pedagang memasang sambungan sendiri. Khususnya, untuk pedagang yang menempati kios.

Editor : Akrom Hazami