Kudus Berburu Adipura Paripurna

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup Kudus, Sumiyatun saat meninjau taman di TPA Tanjungrejo. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus mulai berburu dengan mengincar penghargaan Adipura kembali, tahun ini. Berbeda dengan incaran sebelumnya, penghargaan Adipura kali ini, pemkab bertekad raih penghargaan paling tinggi, Adipura Paripurna.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Lingkungan Hidup Kudus, Sumiyatun mengatakan, pihaknya berharap bisa meraih Adipura Paripurna. “Kami semangat agar bisa mendapatkan Adipura Paripurna ini,” katanya di Kudus, Jumat (24/2/2017).

Dalam aturan menyebutkan kalau penghargaan Adipura Paripurna baru didapatkan sebuah daerah setelah tiga kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Adipura Kencana. Syarat lain adalah dengan naiknya nilai saat penilaian kali keempat.

Hanya dalam aturan juga menyebutkan kalau tanpa melalui tiga kali berturut-turut juga bisa meraih Adipura Paripurna. Syaratnya, adalah mendapatkan nilai yang bagus dan di atas rata-rata sehingga mampu setara dengan Adipura Paripurna. “Kami targetkan nilai 80, jika tercapai nantinya kemungkinan besar mendapatkan Adipura Paripurna akan terpenuhi,” ungkapnya.

Ditambahkan, keuntungan pada Kudus juga dalam hal penilaiannya. Biasanya, penilaian dilakukan selama dua kali sebelum diverivikasi oleh tim. Namun, untuk Kudus setelah penilaian pertama September lalu, tahapan berikutnya diverifikasi. Itu menjadi keuntungan karena tanpa melalui penilaian kedua. 

“Maret nanti bakal verivikasi, dan yang memaparkan di kementerian nantinya adalah beliau bapak Bupati Musthofa secara langsung,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami