Pleno KPUD Tetapkan Marzuqi-Dian Kristiandi Menangi Pilkada Jepara

Pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Jepara, kemarin. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Jepara menetapkan pasangan Ahmad Marzuqi-Dian Kristiandi meraih suara terbanyak 319.837 atau 51,25 persen. Lawan pasangan itu, yakni Subroto-Nur Yahman, memperoleh suara  304.259 suara atau 48,75 persen.

Rapat pleno penghitungan suara dan penetapan hasil pemilihan bupati dan wakil bupati digelar KPUD Jepara pada Rabu (22/2/2017). Pleno yang dimulai pada pukul 10.00 WIB, sempat molor karena kendala teknis. Pleno berakhir sekitar pukul 19.00 WIB. Bahkan, tim dari paslon Subroto-Nur Yahman tidak mau menandatangi formulir DB 1 KWK,yakni formulir yang berkaitan dengan hasil rekapitulasi.

Komisioner KPU Jepara Anik Sholihatun mengatakan, pihaknya berterimakasih sekali, karena perjalanan pilkada hingga rekapitulasi bisa berjalan lancar.”Ya kita bersyukur, sebab kegiatan ini bisa selasai dan lancar,” tuturnya.

Kemudian, terkait dengan tidak adanya tanda tangan dari tim salah satu paslon di formulir berita acara atau formulir DB 1 KWK, menurutnya, hal itu tidak akan mempengaruhi hasil rekapitulasi. “Masalah keberatan itu merupakan dinamika domkrasi. Meskipun tidak mau tanda tangan, itupun tidak ada mempengaruhi hasil rekapitulasi,” ujarnya.

Dia melanjutkan, setelah rekapitulasi ini, masih ada waktu 3×24 jam bagi paslon untuk mendaftarkan keberatannya ke pihak terkait dalam hal ini MK. Kemudian, pada tanggal 8 hingga 10 Maret 2017 nanti, katanya, akan bisa ditetapkan pasangan calon terpilih.

Sementara itu, Supratikono, salah satu tim sukses Paslon Subroto-Nur Yahman mengatakan, pada pleno kemarin sempat terjadi perdebatan terkait penarikan formulir C6 yang jumlahnya sebanyak 53.632 lembar. Sehingga masyarakat yang termasuk data 53.632 itu tidak bisa memilih.

Kemudian, terkait dengan formulir DB 1 KWK Plano yang tidak ditandatangi, menurutnya, hal itu sebagai bentuk keberatan tim. “Ini sebagai bentuk keberatan kami.Untuk sementara ini, kami akan berkoordinasi mengenai langkah langkah kedepan seperti apa,” katanya.

Terpisah, Khoirul Anam, tim sukses paslon  Ahmad Marzuqi-Dian mengatakan, untuk hasil rekapitulasi tersebut, merupakan kemenangan warga Jepara. “Untuk semua tim, tentunya menghormati keputusan hasil rekapitulasi dengan bijak,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono