Pengungsi Banjir Jatiwetan Kudus Tak Sabar Bersihkan Rumahnya yang Terendam

Warga membersihkan rumahnya yang sebelumnya terendam banjir di Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Selasa. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Para pengungsi banjir Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, tak sabar ingin kembali ke rumahnya usai dari posko, Selasa (21/2/2017). Mereka ingin kembali hidup normal di rumahnya.

Seperti halnya Sukoco, warga Dukuh Barisan, Desa Jatiwetan. Dia mengatakan ingin kembali dari pengungsian bersama anak dan istrinya. Mereka ingin segera membersihkan rumah setelah sebelumnya digenangi banjir. “Tetangga sudah pada pulang, jadi ikutan pulang. Kondisi wilayah sekitar rumah juga sudah mulai aman dari banjir,” kata Sukoco saat ditemui di posko pengungsian Balai Desa Jatiwetan.

Sepengetahuannya, saat ini banjir tak setinggi sebelumnya yang mencapai setengah meter. Kini air banjir yang merendam rumah sudah surut. Yaitu mencapai sekitar 30 cm. Menurutnya, ketinggiannya saat ini terbilang aman untuk melakukan aktivitas.

Pihaknya yakin dalam waktu dekat, banjir akan cepat surut. Apalagi pintu air sungai Wulan di Tanggulangin juga sudah dibuka. Itu berdampak air cepat mengalir. “Paling nanti atau besok pagi sudah bersih airnya. Soalnya aliran airnya deras, kecuali kalau ada kiriman air lagi atau hujan turun,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami