Pengungsi Banjir Jatiwetan Kudus Nekat Pulang

 

Warga bersiap kembali ke rumahnya dari tempat pengungsian di Balai Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Selasa. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)#banj

MuriaNewsCom, Kudus – Ratusan orang pengungsi banjir di Desa Jatiwetan, Kecamatan Jati, Kudus, dipulangkan, Selasa (21/2/2017). Pemulangan para pengungsi, disebabkan sudah menyurutnya banjir yang menggenangi permukimannya.

Kades Jatiwetan Suyitno, mengatakan pemulangan para pengungsi dilakukan secara berangsur. Pemulangan dimulai sejak pagi tadi. Rencananya, semua pengungsi bakalan pulang hari ini juga. Dengan pemulangan paling lambat sore nanti.

“Total pengungsi  di sini ada 300 lebih. Itu merupakan jumlah pengungsi se-Jatiwetan. Semuanya meminta untuk pulang hari ini juga,,” katanya di lokasi pengungsian, kepada MuriaNewsCom, Selasa.

Saat ini masih tersisa belasan orang yang belum pulang dari pengungsian. Mereka menunggu saudaranya pulang dari kerja. Mereka ingin bersama saudaranya pulang. Pemulangan para pengungsi merupakan inisiatif dari warga. Melihat kondisi rumah yang mulai terbebas dari banjir, mereka memutuskan untuk pulang.

Kendati tidak semua titik permukiman sudah surut banjirnya. Tapi warga tidak sabar. “Kami sudah bilang kepada warga agar tetap di pengungsian sampai kondisi aman. Namun mereka lihat tetangganya pada pulang, jadinya mereka ikut pulang,” ujarnya.

Dikatakan, dalam pengungsian yang bertempat di balai desa juga dicukupi segala sesuatunya. Seperti halnya makanan serta kebutuhan harian lainnya. Bahkan dalam posko pengungsian juga dilengkapi dengan hiburan televise dan lainnya.

“Kalau masyarakat merasa rumah belum aman, kami meminta untuk mereka kembali ke pengungsian. Kami buka untuk warga yang mau kembali, sambil menunggu waktu yang aman,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami