Alun-alun Purwodadi Mulai Disediakan Banyak Tempat Sampah

Kasi Penanganan Sampah DLH Grobogan Noer Rochman menunjukkan tempat sampah model lima pilah yang disediakan di kawasan Alun-alun Purwodadi, Selasa. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Ada barang baru di kawasan Alun-alun Purwodadi sejak Selasa (21/2/2017) sore. Yakni, keberadaan tempat sampah baru yang disediakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Grobogan.

Dari pantauan di lokasi, jumlah tempat sampah yang disediakan ada 8 unit. Masing-masing unit berisi lima tempat sampah. Tempat sampah ini bentuknya mirip rak yang disekat lima bagian. Tiang-tiangnya dibuat dari besi. Sedangkan tempat untuk membuang sampah berbahan plastik yang dilengkapi tutupnya.

“Tempat sampah yang kita sediakan di alun-alun model lima pilah. Masing-masing tempat sudah ada tulisan peruntukkannya. Yakni, untuk sampah organik, non organik, kertas, residu dan bahan berbahaya. Model lima pilah ini bisa juga jadi sarana edukasi buat masyarakat kalau membuang sampah agar dimasukkan pada tempat yang ditentukan sesuai jenis sampahnya,” kata Kasi

Penanganan Sampah DLH Grobogan Noer Rochman saat ditemui di alun-alun. Dijelaskan, dari delapan unit tempat sampah tersebut, sebanyak 4 unit ditempatkan disisi timur. Yakni, di depan tenda jualan para PKL. Kemudian, sisanya ditaruh di sisi utara dan selatan.

“Konsentrasi sampah ada di sisi timur karena ada tempat jualan PKL. Makanya, di sana kita kasih empat unit tempat sampah. Tempat sampah untuk di sisi barat nanti menyusul. Soalnya, tidak jadi pusat aktivitas sehingga volume sampah bisa ditangani petugas kebersihan harian,” jelasnya.

Noer Rochman menambahkan, awalnya pengadaan tempat sampah dikira sudah jadi bagian dalam proyek revitalisasi alun-alun. Namun, ternyata tidak ada alokasi anggaran untuk pengadaan tempat sampah. Seperti diberitakan, proyek revitalisasi Alun-alun Purwodadi yang menelan dana Rp 10,3 miliar sempat mendapat sorotan. Hal ini terkait tidak adanya keberadaan tempat sampah di kawasan itu.

Padahal keberadaan sarana yang dianggap sepele ini cukup penting untuk menunjang kebersihan alun-alun. Terutama, untuk kebersihan di sekitar tenda PKL di sisi timur yang sudah ditempati sejak Sabtu (11/2/2017) malam lalu. Akibat tidak adanya tempat sampah tersebut, banyak orang terpaksa membuang sampah sembarangan

Editor : Akrom Hazami