Tingkatkan Keselamatan, Papan Peringatan dan Evakuasi Disiapkan di Wonosoco Kudus

Warga berada di lokasi Desa Wisata Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Kades Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kudus, Setiyo Budi mengatakan, pihak desa tengah mempersiapkan jalur evakuasi kepada wisatawan jika terjadi bencana sewaktu-waktu. Papan evakuasi diletakkan di berbagai tempat, untuk memudahkan pengunjung.

“Selama ini yang kurang memang jalur evakuasi khususnya papan petunjuk. Jadi, kami akan pasang di sana guna memandu wisatawan jika bencana datang kesana,” kata Budi, di Kudus, Senin (20/2/2017).

Bencana yang beberapa kali menghantam adalah banjir bandang. Meski hanya sebentar, namun banjir yang datang mampu merusak sebagain besar infrastruktur desa dan area wisata. Hal itu karena volume air yang tinggi, serta arus yang deras.

Bahkan, banjir bandang juga sempat menelan korban. Seperti beberapa waktu lalu, satu orang warga tewas karena terseret banjir bandang. Untuk itu, pihak desa meningkatkan fasilitas keamanan dengan papan petunjuk jalur evakuasi. “Sebenarnya saat banjir, sebagian lokasi masih aman karena tidak terendam air. Namun banyak pendatang yang tidak tahu, untuk itu bakal kita arahkan,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami