Desa di Jepara Sudah Rampung Susun Perdes SOTK

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Jepara – Kassubag Aparatur Pemerintahan Desa Setda Jepara M Taufiq memastikan, jika semua desa di Jepara sudah menyusun Peratuan Desa (Perdes) tentang Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) sebagai landasan untuk melakukan penataan perangkat desa. Terkecuali desa-desa yang pada akhir tahun 2016 lalu melakukan proses pemilihan petinggi (pilpet).

“Semua desa sudah menyusun Perdes SOTK dan sudah melakukan penataan. Terakhir pada 14 Februari lalu. Namun memang ada pengecualian, yakni 24 desa yang kemarin melakukan pilpet. Khusus untuk 24 desa tersebut, akan melakukan penyusunan SOTK pada tengah tahun ini,” ujarnya.

Dirinya juga menyatakan, sebelumnya ada beberapa desa yang sempat molor dalam menyusun Perdes SOTK. Bahkan, hingga pertengahan Januari lalu belum menyusun SOTK dan penataan, lantaran belum dianggarkan dalam APBDes 2016.

Menurutnya, dengan sudah rampungnya penyusunan Perdes SOTK, tahap selanjutnya yakni berupa pengisian perangkat desa. Untuk hal tersebut, semuanya diserahkan ke desa masing-masing, berdasarkan keputusan petinggi.

Dia melanjutkan, jika dirasa jumlah perangkat desa yang ada saat ini mencukupi dan tidak mengganggu kinerja, maka tidak ada pengisian tidak menjadi masalah. Hanya saja, hampir semua desa di Jepara saat ini ada kekosongan perangkat.

“Kalau jumlah pasti kekosongan di tiap desa, kami belum melakukan pendataan. Yang jelas, mayoritas ada kekosongan. Mulai dari satu jabatan hingga empat jabatan. Hanya sedikit desa yang perangkatnya saat ini sudah lengkap,” paparnya.

Adanya kekosongan itu, katanya, lantaran sejak tahun 2014 tidak boleh ada pengisian perangkat. Selama itu, banyak perangkat yang meninggal dunia maupun yang sudah pensiun. Sehingga kokosongan itu ada di desa yang perangkatnya masih kurang.

Editor : Kholistiono