TNI Bagikan Ribuan Nasi Bungkus kepada Korban Banjir di Pati

Anggota TNI AD dan relawan mendistribusikan ribuan nasi bungkus kepada korban banjir di tiga kecamatan di Pati, Selasa (14/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Anggota TNI dari Kodim 0718/Pati membagikan 1.600 nasi bungkus kepada korban banjir di Kecamatan Juwana, Gabus, dan Sukolilo, Pati, Selasa (14/2/2017). Pembagian nasi bungkus gelombang kedua tersebut dilakukan lima orang anggota TNI AD, enam orang FKPPI, enam orang BPBD, dan dua orang relawan.

Warga terdampak banjir di Kecamatan Juwana mendapatkan 500 bungkus nasi, Kecamatan Gabus mendapatkan 400 nasi bungkus, dan Kecamatan Sukolilo mendapatkan 700 nasi bungkus. Prosentase pembagian nasi bungkus tersebut disesuaikan dengan jumlah warga yang terkena banjir.

Letda Inf Wanto yang memimpin pembagian nasi bungkus mengatakan, warga terdampak banjir banyak yang tidak masak akibat rumahnya terendam banjir. Terhitung, sudah empat hari beberapa warga tidak masak lantaran genangan air yang masuk ke dalam rumah belum juga surut.

Banjir di Pati Sebabkan Perekonomian Lumpuh Sementara

“Bantuan nasi bungkus ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terdampak banjir. Meski masih belum bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi pembagian nasi bungkus setidaknya bisa membantu warga yang kesulitan memasak selama banjir,” ucap Letda Inf Wanto.
Distribusi nasi bungkus sendiri menggunakan perahu, lantaran genangan air di kawasan pemukiman warga cukup tinggi. Sasaran utama pembagian nasi bungkus diberikan kepada warga yang tinggal di tenda-tenda pengungsian.

“Kami memanfaatkan perahu kayu milik warga untuk mengantarkan nasi bungkus. Kami juga sudah membawa perahu karet yang juga digunakan untuk membagikan nasi bungkus dan mengakses sejumlah titik yang dibutuhkan warga secara darurat,” tandasnya.

Editor : Kholistiono