Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pilkada Jepara

Kapolres Jepara, Direktur Shabara Polda Jateng dan Komandan Kodim 0719/Jepara melakukan pengecekan peralatan sebelum terjun ke lapangan untuk bertugas. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Sekitar 4 personel gabungan yang terdiri dari Polri, TNI dan Linmas diterjunkan untuk mengamankan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jepara pada Rabu (15/2/2017) besok. Ribuan personel tersebut, akan disebar di 1.805 tempat pemungutan suara (TPS).

Kapolres Jepara AKBP M. Samsu Arifin mengatakan, personel keamanan yang diterjunkan untuk mengamankan pilkada terdiri dari 632 personel dari Polri, 1 SST (satuan setingkat peleton) TNI Kodim 0719/Jepara, dan 3.520 Linmas.

“Untuk personel kepolisian sendiri, kita diback up oleh 1 SST Dalmas Polres Kudus, 1 SST Dalmas Polres Demak dan dan BKO (bawah kendali operasi) 1 SSK Brimob Polda Jateng,” ungkapnya, usai memimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka pemilukada di Gedung wanita Jepara, Selasa (14/2/2017).

Sementara itu, untuk 1 SSK Brimob yang berjumlah 100 personel tersebut bakal dibagi menjadi 2 tempat penugasan. Yakni 50 personel di bagian utara meliputi wilayag Keling, Donorojo, Kembang, Bangsri,dan lainnya. Sedangkan yang 50 personel lainnya di wilayah kota. Meliputi Tahunan, Mlonggo, Pakis Aji, Bate Alit dan lainnya.

“Selain itu, untuk personel Dalmas Polres Kudus akan bertugas di wilayah timur. Yakni bagian Mayong dan Nalum Sari. Sedangkan anggota dari Demak akan bertugas di wilayah Kedung, Welahan, Kalinyamatan dan sekitarnya,” bebernya.

“Untuk kekuatan cadangan dari Polres Kudus dan Demak, pada Rabu (15/2/2017), akan merapat ke polsek perbatasan masing-masing. Yang dari Demak akan ke Polsek Mijen, sedangkan dari Kudus akan merapat ke Polsek Kaliwungu. Itu untuk siaga, bil ada eskalasi yang tak diinginkan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, untuk kekuatan BKO ini mulai dari kegiatan pemungutan suara hingga Kamis (16/2/2017) pagi. Jika dibutuhkan penambahan personel, maka Polda Jateng akan siap menambahkan personel. “Untuk keamanan sendiri yang paling inti ialah objek TPS, perlengkapan, baik sebelum atau setelah mencoblos dan warga. Supaya mereka bisa menggunakan hak pilihnya,” imbuhnya.

Dalam apel siaga tersebut, juga turut dihadiri Direktur Shabara Polda Jateng Kombes Pol Tetra M. Putra, Komandan Kodim 0719/Jepara Letkol Infantri Ahmad Basuki, Komisioner KPU, Sekda Jepara Sholih dan Instansi terkait.

Editor : Kholistiono

Satu gagasan untuk “Ribuan Personel Gabungan Siap Amankan Pilkada Jepara

  1. Ping-balik: Personel Keamanan Diminta Kedepankan Sikap Humanis saat Amankan Pilkada | Muria News

Komentar ditutup.