Saiful Arifin Dorong Pemuda Pati Jadi Petani dan Pengusaha

Calon Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (depan) saat meninjau potensi wisata dan pertanian di Desa Jrahi, Gunungwungkal beberapa waktu lalu. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Salah satu indikasi negara maju, antara lain minimal dua persen penduduknya adalah pengusaha. Hal itu yang terlintas di benak Saiful Arifin, Calon Wakil Bupati Pati untuk memimpin Pati lima tahun ke depan bersama Haryanto.

Dia sadar, Kabupaten Pati punya potensi pertanian dan perikanan yang sangat besar, selaras dengan slogan Pati Bumi Mina Tani. Namun, potensi yang besar tersebut diakui belum sepenuhnya dimanfaatkan para pemuda dengan baik.

Karena itu, pemuda kelahiran Desa Mojoagung, Trangkil yang masih berusia 42 tahun ini mendorong pemuda di Pati untuk menjadi petani dan wirausahawan. Dengan begitu, banyak pemuda Pati yang akan mandiri dan memberikan kontribusi untuk memajukan daerah dan bangsanya.

“Masalah pertanian, kita akan tumbuhkan anak-anak muda supaya berminat untuk bertani, beternak dan berwirausaha. Nilai-nilai ini perlu kita tanamkan, karena sebagian besar pemuda masih banyak yang berpikir setelah lulus menjadi pegawai,” ujar Arifin, Sabtu (11/2/2017).

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Selatan ini juga menceritakan dirinya sempat menjadi pegawai, setelah lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Namun, dia berusaha untuk mengumpulkan gajinya untuk dijadikan modal berwirausaha.

Berbekal kerja keras dan ketelitian, Arifin berhasil menjadi pengusaha sukses, mulai dari bidang telekomunikasi, perhotelan, perikanan, peternakan, hingga pertanian. Saat ini, dia menjabat sebagai Direktur Utama PT Arifindo Mandiri, Komisaris PT Arifindo Graha Pratama, PT Arifindo Fimma Utama, PT Rafikomindo Pratama, dan Komisaris PT Rafindo Jaya Samudra.

Dia juga aktif di berbagai organisasi, mulai dari Ketua HIPMI Jaksel, Manajer Persipa Pati, Manajer Safin FC, Komite Bidang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kadin, Ketua DPP KBM Kemaritiman, dan Ketua Bidang Usaha Ikatan Keluarga Kabupaten Pati (IKKP). Pengalaman-pengalaman itulah yang akan menjadi bekal Arifin untuk mendampingi Haryanto memimpin Pati.

Editor : Kholistiono