Warga Minta Jembatan di Welahan yang Ambles Segera Diperbaiki

Kondisi jembatan yang berada di Kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan, Jepara yang kondisinya ambles. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Jepara – Jembatan yang berada di Kalipucang Wetan, Kecamatan Welahan, Jepara, kondisinya sebagian ambles. Jembatan yang berada di jalur utama Jepara-Demak tersebut cukup membahayakan pengguna jalan ketika melintas.

Pada jembatan dengan panjang sekitar 10 meter tersebut, terdapat lubang pada aspal sekitar 30 cm. Pagar jembatan, juga mulai rusak akibat goncangan kendaraan berat yang melintas setiap hari.

Kondisi jalan di kawasan tersebut menggunakan beton, baik di sisi kanan atau kiri jembatan. Namun, beton di atas jembatan tidak terhubung. Beton dipisah oleh aspal. Penghubung beton dari aspal itulah yang mulai ambles.

Pantauan MuriaNewsCom, aspal di sisi utara dan selatan sudah mengelupas. Aspal dan beton tidak menyatu.Meski belum tampak ada lubang pada amblesnya aspal tersebut, namun terlihat jelas antara beton dan aspal terpisah.

Juli, salah seorang warga yang menjadi kuli pasir di samping jembatan tersebut mengaku khawatir kerusakan terus bertambah dan menyebabkan jembatan ambruk. Terutama ketika ada kendaraan besar lewat. ”Getarannya kencang, bahaya kalau tidak segera diperbaiki. Kami berharap pihak terkait segera melakukan perbaikan,” katanya.

Dia melanjutkan, beberapa hari lalu, ada petugas datang. Namun, ia tak tahu apakah petugas dari kabupaten atau provinsi. Yang jelas, petugasnya hanya memantau dan memberi tanda. ”Sudah difoto juga. Cuma saya tidak tahu akan diperbaiki kapan,” ungkapnya.

Mahmudi (45) warga lain mengaku, jembatan mulai rusak sekitar setengah tahun lalu. Semula hanya kecil. Kerusakan semakin parah karena terus menerus dilewati kedaraan berat.

Editor : Kholistiono