Gara-gara Lilin, Rumah Warga Godan Grobogan Ludes Terbakar

Petugas pemadam kebakaran sedang berupaya memadamkan api yang membakar rumah milik Sutik, warga Desa Godan, Kecamatan Tawangharjo,Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Petugas pemadam kebakaran sedang berupaya memadamkan api yang membakar rumah milik Sutik, warga Desa Godan, Kecamatan Tawangharjo,Grobogan (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Meski saat ini sudah masuk musim hujan, namun musibah kebakaran masih saja terjadi. Peristiwa kebakaran terbaru terjadi di Dusun Godan Timur, Desa Godan, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan, Selasa (7/2/2017) malam.

Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 21.30 WIB itu menyebabkan satu rumah milik Sutik (45), ludes terbakar beserta barang berharga yang ada di dalamnya. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam musibah tersebut.

Informasi yang didapat menyebutkan, beberapa jam sebelum kejadian, aliran listrik di desa itu padam usai turun hujan. Lantaran gelap, pemilik rumah kemudian menyalakan beberapa batang lilin untuk penerangan.

Tidak lama kemudian, Sutik mendapat kabar kalau neneknya yang tinggal di Desa Tarub sakit. Mendengar kabar ini, Sutik dan anggota keluarganya kemudian bergegas meluncur ke sana untuk menengok kondisi neneknya.

Tidak lama setelah pemilik rumah pergi, terjadilah peristiwa kebakaran tersebut. Kebakaran itu baru diketahui warga sekitar ketika nyala api sudah membesar.

Adanya kebakaran ini menyebabkan puluhan warga setempat segera berhamburan keluar rumah dan berupaya memadamkan api.

Namun, upaya ini terkendala cuaca gelap akibat padamnya listrik. Terbatasnya penerangan yang mengandalkan nyala senter dan lampu handphone menyebabkan warga kesulitan mencari air.

Sekitar satu jam kemudian, lima unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Saat itu, kondisi rumah yang terbakar sudah hampir habis dan kobaran api hendak menjalar ke rumah terdekat lantaran tiupan angin. Setelah berjibaku sekitar 30 menit, upaya pemadaman yang dilakukan petugas damkar dibantu warga sekitar akhirnya berhasil.
“Rumah yang terbakar milik Pak Sutik memang tidak berhasil diselamatkan. Namun, kita berhasil mencegah api menjalar lebih luas ke rumah di sekitarnya,” kata Kepala Desa Godan, Suwardi.

Untuk penyebab kebakaran masih belum bisa dipastikan karena pemilik rumah masih syok. Dugaan sementara, kebakaran itu disebabkan dari lilin yang jatuh dan membakar lemari plastik hinga api menjalar ke dinding rumah.

“Sebelum menjenguk neneknya yang sakit, pemilik rumah memang sempat menyalakan lilin untuk penerangan karena saat itu listrik padam. Bisa jadi, awal mula kebakaran berasal dari api lilin. Tafsir kerugian material akibat kebakaran ini diperkirakan sekitar Rp 100 juta,” sambungnya.

Editor : Kholistiono