Kelas Terendam Banjir, Siswa SDN 01 Klambu Grobogan Tak Bisa Belajar

Siswa dan guru membersihkan kelas usai terendam banjir di SDN 01 Klambu, Kabupaten Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Siswa dan guru membersihkan kelas usai terendam banjir di SDN 01 Klambu, Kabupaten Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Selain rumah penduduk, dampak banjir bandang di Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan, ternyata juga melanda sekolahan. Salah satu sekolah paling parah terkena dampak banjir adalah SDN 01 Klambu. Bahkan, akibat terkena terjangan banjir, kegiatan belajar diliburkan. Gara-garanya, semua bangunan sekolahan terendam air.

“Tadi pagi pas jam masuk sekolah semua ruangan masih penuh air setinggi 10 cm. Anak-anak terpaksa kita liburkan Saat ini airnya mulai surut dan kita sedang kerja bakti membersihkan sisa air dan lumpur,” kata Kusiyati, guru kelas IV yang ditemui di lokasi, Senin (6/2/2017).

Menurutnya, banjir yang melanda sekolahnya datang sekitar pukul 22.00 WIB. Air yang merendam sekolah berasal dari limpasan di utara jalan raya di depan bangunan sekolah. “Tadi malam ketinggian air di ruangan sekitar 30 cm. Semua ruangan kelas dan kantor kemasukan air. Halaman sekolah juga penuh air tadi malam. Air berangsur surut menjelang subuh,” jelasnya.

Selain kegiatan belajar, dampak banjir bandang juga mengakibatkan terganggunya pelaksanaan seleksi Popda cabang olahraga bola voli dan sepak takraw. Sedianya, seleksi dilangsungkan di halaman SDN 01 Klambu. “Hari ini harusnya ada seleksi Popda SD di sini. Lantaran lokasi tidak memungkinkan, tempatnya dipindahkan ke SDN 01 Wandankemiri,” ungkap Rajin, guru olahraga SDN 01 Klambu.

Dari pantauan di lapangan, selain guru dan penjaga sekolah, puluhan siswa juga ikut membantu kegiatan bersih-bersih sisa banjir. Baik yang ada di ruangan maupun di halaman. Kegiatan pembersihan sisa banjir juga dibantu sejumlah personel dari Perhutani KPH Purwodadi. Bahkan, Administratur KPH Purwodadi Damanhuri dan Wakilnya Ronny Merdyanto ikut hadir di sekolahan yang ada di sebelah timur kantor Kecamatan Klambu tersebut.

“Kita memang mengerahkan anggota untuk bakti sosial menyusul adanya bencana membantu warga yang kena musibah,” ungkap Ronny.

Editor : Akrom Hazami